Cara Menjaga Kesehatan Ginjal pada Wanita Hamil

doktersehat gangguan ginjal saat hamil

Wanita yang sedang hamil memiliki tubuh yang riskan terkena penyakit. Kondisi ini bisa terjadi karena peredaran darah pada wanita naik hingga terjadi perubahan hormon yang signifikan. Perubahan hormon bisa menyebabkan infeksi pada vagina karena pH menjadi berubah, selain itu, ada kemungkinan terjadi kenaikan tekanan darah yang cukup berbahaya.

Selain dua kondisi di atas, wanita yang sedang hamil juga berisiko mengalami gangguan pada ginjal. Gangguan ini bisa terjadi karena ada infeksi yang parah atau komplikasi penyakit lain seperti diabetes. Gangguan pada ginjal bisa berdampak pada wanita dan bayi yang ada di dalam rahimnya.

Nah, agar kondisi bayi dan ibu terus membaik, ada baiknya wanita menjaga kesehatan ginjalnya. Mereka bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Tubuh harus terhidrasi setiap hari

Salah satu penyebab gangguan ginjal adalah infeksi saluran kemih. Wanita yang sedang hamil mudah sekali terkena infeksi karena ada perubahan pH pada vagina dan kurangnya asupan air putih. Kalau pun wanita sudah menjaga sanitasi dari vagina sehingga tidak kotor, tetap penuhi asupan air.

Mengonsumsi air sebanyak 8 gelas setiap hari akan meringankan kerja dari ginjal. Urine yang dikeluarkan juga tidak menjadi kuning dan agak kental karena suplai air terpenuhi. Wanita yang sedang hamil disarankan minum saat pagi hari dua gelas, sebelum tidur dua gelas dan sisanya saat siang dan sore.

  1. Memperbaiki pola makan

Sebagian besar masalah ginjal disebabkan oleh gangguan tekanan darah meski infeksi juga menyumbang. Agar kondisi tekanan darah yang dimiliki oleh wanita stabil, ada baiknya menjaga pola makan setiap harinya. Hindari makanan yang mudah sekali meningkatkan tekanan darah seperti daging merah, sesuatu yang berlemak, dan makanan yang manisnya berlebihan.

Perbanyak buah dan juga sayur setiap hari. Penuhi protein dari ikan atau daging yang tidak mengandung lemak. Sebisa mungkin menakar makanan yang masuk ke tubuh akar nutrisinya tepat dan tidak berlebihan. Kalau berlebihan juga bisa menyebabkan janin di dalam rahim kegemukan.

  1. Tidak merokok dan mengonsumsi alkohol

Rokok dan alkohol adalah hal yang wajib dihindari atau diberhentikan saat sedang hamil. Kandungan radikal bebas di dalam rokok bisa menyebabkan darah tercemar sehingga kemungkinan ginjal mengalami gangguan akan besar. Selain itu, rokok juga bisa memberikan dampak langsung pada janin.

Selain rokok yang bisa memicu kanker baik di paru atau ginjal, alkohol juga tidak disarankan. Hentikan segala bentuk makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Kondisi janin bisa terganggu kalau wanita tetap melakukannya.

  1. Olahraga ringan

Saat hamil bukan berarti Anda bisa malas-malasan setiap harinya. Saat sedang senggang lakukan olahraga ringan setidaknya jalan kaki selama beberapa menit. Jalan kaki akan memperlancar aliran di dalam tubuh. Area kaki juga jadi lebih kuat sering dengan membesarnya janin.

Ingat ya, olahraga dilakukan dengan santai dan tidak berlebihan. Kalau berlebihan justru buruk untuk tubuh khususnya janin yang ada di dalam rahim.

  1. Tidak sering minum obat kimia

Saat hamil, apa saja yang masuk ke dalam tubuh wanita akan memengaruhi kesehatan janin. Kalau makanan dan minuman yang penuh gizi dikonsumsi, ada kemungkinan bayi lahir dalam kondisi sehat. Namun, kalau semasa hamil terjadi gangguan sehingga wanita harus mengonsumsi banyak obat kimia, kemungkinan gangguan janin dan ginjal bisa besar.

Inilah sedikit ulasan tentang cara menjaga kesehatan ginjal untuk wanita yang sedang hamil. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria