4 Cara Menjaga Berat Badan Ideal Setelah Diet

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet

DokterSehat.Com– Memiliki berat badan yang ideal adalah idaman dari setiap wanita. Dalam mendapatkannya pun tidak mudah, dibutuhkan usaha dan konsistensi yang luar biasa. Biasanya, wanita rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal, salah satunya adalah dengan cara diet.

Dengan tekad dan usaha yang keras, tidak sedikit wanita yang telah mendapatkan impiannya, yakni memiliki berat badan ideal. Namun, yang jadi permasalahan adalah sulitnya mempertahankan berat badan ideal tersebut.

Sebab, beberapa kasus terjadi, setelah berhasil menurunkan berat badan, lantas tidak lama kemudian berat badan naik lagi tanpa alasan yang pasti. Itulah kendala utama yang menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar wanita.

Nah, bagi Anda yang ingin berat badan agar tetap ideal, kali ini doktersehat.com akan memberikan beberapa tips yang perlu Anda coba. Apa saja tips tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Jaga Asupan Kalori

Seperti yang Anda ketahui, kalori adalah salah satu penyebab terjadinya peningkatan berat badan seseorang. Kalori sendiri bisa didapatkan dari makanan. Oleh karenanya, perhatikan pola makan Anda. Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori agar berat badan tetap terjaga idealnya.

2. Kurangi Ngemil

Salah satu alasan berat badan naik tiba-tiba adalah kebiasaan ngemil yang tak dikurangi. Alangkah baiknya Anda mengatur jadwal makan sebaik mungkin agar tidak ada keinginan untuk ngemil. Kalaupun rasa lapar tak tertahankan, pilihlah camilan yang sehat rendah kalori, seperti oatmeal ataupun buah-buahan.

3. Tetap Olahraga

Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang malas berolahraga ketika keinginannya sudah tercapai. Padahal, dengan tetap rutin berolahraga, secara otomatis juga akan menjaga berat badan Anda. Sebab, dengan berolahraga, tidak akan ada kalori yang tersisa di dalam tubuh.

4. Hindari Begadang

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pola tidur. Jangan pernah begadang jika tidak ada keperluan yang mendesak. Sebab, begadang akan meningkatkan rasa lapar sehingga Anda lebih banyak mengonsumsi makanan di malam hari. Hal ini adalah sebuah kesalahan fatal yang menyebabkan berat badan kembali naik.