Terbit: 15 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal kesehatan kulit, tentu Anda akan mengenal salah satu bahan aktif yang erat kaitannya dengan kekencangan kulit. Ialah kolagen yang berperan dalam menjaga kekencangan kulit dan mencegah kulit mengalami keriput. Lebih lanjut, kandungan kolagen juga menjadikan kulit terasa lebih kenyal. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kolagen pada lapisan kulit akan mengalami penurunan jumlah yang membuat kulit mengendur dan berkeriput. Kendati demikian, Anda dapat menyiasatinya dengan sejumlah cara berikut.

Tips Menjaga dan Meningkatkan Produksi Kolagen pada Kulit

1. Berolahraga

Dilansir dari laman Shape salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan produksi kolagen adalah dengan berolahraga. Berolahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan proses oksigenisasi atau memperbanyak asupan darah pada kolagen. Kondisi yang demikian ternyata menjadikan kolagen semakin sehat.

2. Memanfaatkan Antioksidan

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan antioksidan. Antioksidan merupakan salah satu bahan aktif yang berfungsi dalam melindungi kulit. Antioksidan juga dikenal dapat mencegah proses penuaan sel-sel kulit yang menyebabkan kulit kendur dan berkeriput. Lebih lanjut, kandungan antioksidan ternyata juga dapat melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas yang menjadikan kulit lebih mudah rusak.

3. Mengaplikasikan Produk Khusus

Selain dua cara di atas, Anda juga dapat menyiasatinya dengan menggunakan produk perawatan kulit yang khusus untuk memproduksi kolagen. Biasanya, produk yang demikian akan dilengkapi dengan kandungan bahan yang ampuh dalam menstimulasi produksi kolagen atau fibroblast. Produk-produk yang demikian bisa mengandung sejumlah vitamin atau pun ekstrak dari bahan-bahan alami.

Siapa yang akan menyangka ternyata kolagen pada kulit juga dapat dijaga dan ditingkatkan jumlahnya. Kendati demikian, untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga harus melakukan sejumlah cara tersebut secara rutin. Imbangi pula dengan pengaplikasian gaya hidup yang sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi