Terbit: 22 Maret 2021 | Diperbarui: 23 Maret 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Meningkatkan libido penting untuk dilakukan jika dorongan untuk berhubungan seksual mengalami penurunan. Salah satu cara membangkitkan hasrat seksual adalah mengonsumsi makanan afrodisiak.

Meningkatkan Libido dengan Makanan, Efektifkah?

Berbagai Makanan Pembangkit Libido

Perlu diketahui, makanan yang meningkatkan naluri seksual tidak sepenuhnya didukung oleh bukti ilmiah yang kuat dan beberapa produk mungkin memiliki efek negatif. Berikut adalah beberapa makanan yang diduga memiliki kemampuan meningkatkan libido, di antaranya:

1. Maca

Maca atau maca root adalah tanaman yang cukup populer untuk meningkatkan libido atau kesuburan pada pria. Sebuah penelitian menunjukkan terjadi peningkatan libido dan fungsi ereksi pada hewan pengerat setelah mengonsumsi maca.

Sementara itu, penelitian pada manusia juga menunjukkan bahwa konsumsi maca dapat meningkatkan libido. Satu penelitian kecil menunjukkan bahwa maca dapat membantu mengurangi hilangnya libido yang biasanya terjadi sebagai efek samping dari obat antidepresan tertentu.

Asupan maca pada setiap partisipan adalah 1,5–3,5 gram per hari selama 2 sampai 12 minggu. Semua partisipan umumnya dapat mentolerir asupan ini dengan baik dan mengalami sedikit efek samping. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dosis aman dan efek jangka panjang.

2. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah tanaman herbal yang berasal dari salah satu spesies pohon tertua yaitu Ginkgo Biloba Tree. Dalam pengobatan  tradisional Tiongkok, tanaman ini sering dimanfaatkan untuk mengobati banyak penyakit, termasuk depresi dan fungsi seksual yang buruk.

Tanaman ini juga masuk dalam kategori afrodisiak karena membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Sebuah penelitian kecil melaporkan bahwa ginkgo biloba mengurangi hilangnya libido yang disebabkan oleh penggunaan antidepresan pada sekitar 84% peserta.

Baik peserta laki-laki dan perempuan mengatakan bahwa mereka mengalami peningkatan keinginan, kegembiraan, dan kemampuan untuk orgasme setelah mengonsumsi 60-240 mg suplemen ginkgo biloba setiap hari, meskipun efeknya tampak lebih kuat pada peserta perempuan.

Namun, sebuah studi lain yang lebih ketat tidak menemukan perbaikan pada kelompok serupa dari peserta yang menggunakan ginkgo biloba. Suplemen ini umumnya dapat ditoleransi dengan baik, tetapi dapat bertindak sebagai pengencer darah. Jadi, jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah, konsultasi dengan dokter diperlukan sebelum mengonsumsinya.

3. Ginseng Merah

Ginseng adalah salah satu ramuan herbal yang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit pada pria dan wanita. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ginseng merah lebih efektif daripada plasebo dalam meningkatkan fungsi ereksi.

Selain itu, sebuah penelitian kecil juga mengungkapkan bahwa ginseng merah dapat meningkatkan gairah seksual selama menopause. Namun, klaim mengenai penelitian ini belum didukung oleh bukti yang kuat, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian sebelum membuat kesimpulan yang kuat. Dalam beberapa kasus, ginseng juga dapat menyebabkan sakit kepala, sembelit, atau sakit perut ringan.

4. Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman dari keluarga Fabaceae yang sering dimanfaatkan sebagai pengobatan antiinflamasi dan meningkatkan libido. Senyawa yang ada di dalamnya dipercaya dapat digunakan tubuh untuk membuat hormon seks, seperti estrogen dan testosteron.

Dalam satu penelitian kecil, pria yang mengonsumsi 600 mg ekstrak fenugreek per hari selama 6 minggu dilaporkan mengalami peningkatan gairah seksual dan lebih banyak orgasme. Manfaat fenugreek ini juga dirasakan pada wanita yang memiliki dorongan seks rendah.

Fenugreek umumnya dapat ditoleransi dengan baik, tetapi dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah dan dapat menyebabkan sakit perut ringan. Selain itu, karena pengaruhnya terhadap hormon seks, fenugreek juga dapat mengganggu pengobatan kanker yang sensitif terhadap hormon.

5. Kacang Pistachio

Kacang pistachio ternyata termasuk makanan meningkatkan libido. Dalam sebuah penelitian kecil, pria yang mengonsumsinya 100 gram per hari selama 3 minggu, mengalami peningkatan aliran darah ke penis dan ereksi yang lebih kencang.

Para ahli menduga bahwa efek ini mungkin disebabkan oleh kemampuan pistachio untuk meningkatkan kolesterol darah dan menstimulasi aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh. Namun, penelitian ini tidak menggunakan kelompok plasebo, sehingga sulit untuk menginterpretasikan hasil. Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kesimpulan yang kuat dapat dibuat.

6. Saffron

Saffron adalah rempah yang digunakan pengobatan alternatif untuk membantu mengatasi depresi, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Selain populer digunakan untuk penyedap, saffron juga dikenal karena potensi khasiat afrodisiaknya, terutama pada individu yang mengonsumsi antidepresan.

Sebuah studi pada  sekelompok pria yang mengonsumsi 30 mg saffron per hari selama 4 minggu, mengalami peningkatan fungsi ereksi yang lebih besar daripada pria yang diberi plasebo.

Sebuah studi lanjutan pada wanita melaporkan bahwa mereka yang mengonsumsi saffron mengalami tingkat gairah yang lebih tinggi dan peningkatan lubrikasi, dibandingkan dengan kelompok plasebo. Namun demikian, penelitian tentang sifat afrodisiak saffron pada individu tanpa depresi menghasilkan hasil yang tidak konsisten.

Baca Juga: 6 Jenis Orgasme Wanita, Tanda Mencapai Kepuasan Seksual

Asupan Lain untuk Meningkatkan Libido

Beberapa minuman dan makanan lain disebut-sebut memiliki khasiat afrodisiak, tetapi hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Berikut beberapa contoh populer, antara lain:

  • Cokelat. Senyawa dalam kakao sering disebut-sebut memiliki efek afrodisiak, terutama pada wanita. Namun, penelitian memberikan sedikit bukti untuk mendukung klaim ini.
  • Tiram. Meskipun terdapat penelitian yang melaporkan bahwa tiram mungkin memiliki beberapa efek peningkat libido pada tikus, belum ada penelitian yang mendukung khasiat tiram untuk meningkatkan libido pada manusia.
  • Cabai. Capsaicin, senyawa yang memberi rasa pedas pada cabai dipercaya merangsang ujung saraf di lidah dan menyebabkan pelepasan bahan kimia yang meningkatkan gairah seks. Namun, tidak ada penelitian yang mendukung klaim ini.
  • Madu. Satu varietas yang disebut ‘mad honey’ bahkan dipasarkan sebagai stimulan seksual. Namun, tidak ada penelitian yang mendukung hal ini dan mungkin mengandung racun berbahaya.
  • Alkohol. Senyawa ini dapat bertindak sebagai afrodisiak dengan membantu tubuh untuk rileks dan meningkatkan mood. Namun, asupan alkohol yang tinggi dapat mengurangi gairah dan fungsi seksual, oleh karena itu konsumsi tidak berlebihan adalah kuncinya.

 

  1. Petre, Alina. 2020. 7 Aphrodisiac Foods That Boost Your Libido. https://www.healthline.com/nutrition/aphrodisiac-foods. (Diakses pada 22 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi