Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kolagen sebenarnya adalah protein yang paling umum ditemukan di dalam tubuh. Kolagen hadir di dalam tendon, lemak, dan ligamen. Kolagen pada bagian-bagian tubuh tersebut, membantu potongan-potongan tubuh untuk bersatu, dan memegang perananan sangat penting untuk kekuatan struktur tulang.

Meningkatkan Kolagen, Kunci Kulit Awet Muda

Di luar itu, kolagen merupakan isu yang penting di dalam kecantikan. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kolagen dalam tubuh?

1. Lidah Buaya

Dilansir dari Health Line, lidah buaya dapat membantu memprodukai kolagen di dalam tubuh. Tidak heran jika lidah buaya biasa digunakan untuk menyembuhkan serta mengobati luka, termasuk luka bakar pada kulit.

Sebabnya adalah, lidah buaya mengandung zat yang dapat merangsang pertumbuhan sel. Sehingga ketika diaplilasikan pada kulit yang bermasalah, terluka dan sejenisnya, sel kulit baru akan mudah kembali tumbuh. Selain dioleskan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen lidah buaya untuk perawatan dari dalam.

2. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk sintesis asam hyaluronic. Asam hyaluronic sendiri, menurut penelitian dapat membantu meningkatkan kolagen pada tubuh. Asam hyaluronic dapat mempercepat waktu penyembuhan pada kulit yang luka, sekaligus memulihkan nyeri sendi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Sebenarnya, secara alami, asam hyaluronic ada di dalam tubuh, tetapi keberadaannya menurun seiring pertambahan usia. Untuk menjaga kandungan asam hyaluronic dalam tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan yang banya mengandung Vitamin C seperti jeruk, paprika merah, kale, kubis, brokoli, dan stroberi.

3. Ginseng

Ginseng memiliki sifat anti-aging bernama Panax. Ginseng juga dapat diserap dalam kulit dengan baik tanpa bereaksi yang merugikan terhadap obat kimia termasuk bahan kimia pada produk kosmetik yang terpapar pada tubuh. Ginseng justru bantu membantu kulit menjaga bentuk aslinya.

Selain itu, ginseng juga dapat membantu pertumbuhan kolagen. Menurut penelitian, ginseng bahlam dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat ancaman sinar UVB matahari. Kandungan antioksidan yang dilepaskan ke dalam aliran darah saat Anda mengonsumsi ginseng atau minum teh yang mengandung ginseng dapat melindungi sel-sel sehat dan berkontribusi membantu kulit menjadi bersinar alami.

Kolagen, salah satu elemen penting dalam perawatan kulit. Kolagen berkontribusi pada elastisitas kulit, sehingga, jika tubuh memiliki kadar kolagen yang baik, kulit akan awet muda, kenyal dan bersinar alami.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi