Terbit: 2 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Meningkatkan dan menjaga kesuburan pada pria bukanlah pekerjaan yang gampang. Dari luar mungkin pria terlihat sehat dan tidak ada gangguan yang terjadi. Namun, di dalam tubuhnya belum tentu memiliki sperma yang berkualitas. Kalau pria tidak memiliki sperma yang berkualitas, mereka akan susah membuahi pasangan.

6 Langkah Praktis Meningkatkan Kesuburan Pria dengan Mudah

Nah, agar sperma yang dimiliki selalu berkualitas dan pria selalu subur setiap saat, Anda harus melakukan beberapa langkah praktis di bawah ini. Kalau semua langkah praktis ini dilakukan dengan sempurna, pria bisa melakukan pembuahan setiap saat. Berikut beberapa langkah untuk meningkatkan kesuburan pria dengan mudah.

  1. Menjaga asupan nutrisi dengan baik

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh pria untuk meningkatkan jumlah sperma dan juga kualitasnya adalah menjaga asupan nutrisi. Setiap hari pria harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian mulai dari protein, lemak, dan karbohidrat dengan seimbang, Dengan asupan yang seimbang, produksi sperma juga akan berjalan dengan lancar.

Usahakan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B12 seperti daging dan ikan. Selanjutnya antioksidan dan vitamin C dari buah-buahan juga dibutuhkan dengan maksimal. Terakhir, coba perbanyak kacang-kacangan seperti almon dan sayuran yang mendung likopen seperti tomat dan semangka.

  1. Olahraga dengan cukup

Olahraga sangat dibutuhkan untuk menurunkan kadar lemak di dalam tubuh dengan cepat. Selain itu, kadar testosteron juga bisa meningkat dengan signifikan kalau pria rutin berolahraga. Melakukan olahraga akan membuat produksi sperma berjalan lancar dan libido stabil.

Meski olahraga sangat disarankan, pria tidak boleh melakukannya dengan sembarangan dan berlebihan. Jalan kaki 30 menit setiap hari atau jogging ringan sudah cukup. Jangan memaksakan diri karena bisa cedera dan tubuh kecapaian.

  1. Menggunakan celana dalam yang nyaman

Gunakan celana dalam yang nyaman. Maksud dari nyaman di sini adalah tidak terlalu sempit atau bahannya membuat kulit jadi gatal. Anda bebas mau menggunakan celana dalam jenis brief atau bokser asal nyaman.

Jangan gunakan celana dalam yang terlalu ketat. Celana dalam yang terlalu ketat akan membuat udara di dalam celana dalam naik. Kenaikan suhu di dalam celana dalam bisa membuat sperma kualitasnya menurun.

  1. Menurunkan konsumsi kafeina dan alkohol

Mengonsumsi kopi dengan jumlah terbatas cukup aman, bahkan bermanfaat untuk meningkatkan tenaga dari pria. Namun, kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, akan membuat kualitas sperma jadi menurun.

Selain kopi konsumsi alkohol dalam bentuk apa pun juga bisa menurunkan kualitas dari sperma. Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 ditemukan data kalau jumlah sperma per ejakulasi pria menurun akibat minuman keras.

  1. Mengonsumsi suplemen tertentu

Makanan saja mungkin tidak akan cukup untuk pria. Pasalnya mereka tidak akan tahu apakah kebutuhan nutrisinya khususnya vitamin sudah terpenuhi atau belum. Beberapa suplemen yang dibutuhkan untuk kesehatan sperma adalah vitamin C untuk motilitas dan jumlah, vitamin D untuk testosteron, serta seng untuk jumlah. Anda bisa membeli suplemen sesuai rekomendasi dokter.

  1. Menghindari makanan olahan

Makanan olahan tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak atau rutin. Makanan olahan yang dimaksud di sini adalah makanan kaleng, makanan instan, atau makanan yang mengandung bahan pengawet dan juga zat kimia lainnya. Hindari makanan tersebut dan lebih banyak mengonsumsi makanan yang masih alami dan dimasak secara langsung.

Inilah enam cara atau langkah praktis untuk meningkatkan kesuburan dari pria. Dengan langkah di atas, pria bisa dengan mudah melakukan pembuahan dan program kehamilan yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi