5 Cara Meningkatkan Kesehatan Tulang untuk Pria dan Wanita

meningkatkan-kesehatan-tulang-doktersehat

DokterSehat.Com – Selama ini kita selalu tidak acuh dengan kesehatan tulang. Padahal kesehatan tulang sangat penting untuk menyokong beban tubuh dan juga bergerak. Meski tulang cenderung keras ketimbang organ lain, gangguan bisa saja terjadi dan menyebabkan masalah yang cukup besar.

Salah satu masalah pada tulang yang bisa dialami oleh pria dan juga wanita adalah osteoporosis. Gangguan ini menyebabkan pengeroposan tulang belakang sehingga peluang cedera akan besar. Selanjutnya ada juga kanker tulang dan masalah kesehatan tulang lain yang tidak kalah berbahaya.

Kalau Anda dan pasangan tidak mau mengalami kondisi berbahaya yang berhubungan dengan tulang, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Melakukan angkat beban

Sebagian besar wanita tidak mau melakukan olahraga angkat beban yang baik untuk tubuhnya. Wanita takut kalau tidak bisa mengangkat dengan baik atau tubuhnya jadi berotot. Padahal angkat beban tidak melulu menyebabkan kondisi itu. Wanita juga bisa menjaga kesehatan otot dan juga tulangnya dengan sempurna.

Lakukan angkat beban secara rutin sebanyak 2-3 kali setiap minggu untuk wanita. Selanjutnya untuk pria bisa melakukannya lebih dari 3 kali. Gunakan beban yang ringan dahulu. Lebih baik menggunakan posisi atau form yang tepat daripada menggunakan beban yang besar, tapi salah kaprah.

  1. Menjaga berat badan

Seiring dengan bertambahnya usia, pria dan wanita akan mengalami peningkatan lemak di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan tubuh alami gangguan pada tulang dan sendiri. Lemak yang terlalu banyak bisa menyebabkan peradangan yang membuat tulang jadi lemah perlahan-lahan.

Pria dan wanita yang sudah memasuki usia lanjut disarankan untuk lebih bisa menjaga kesehatan tubuhnya khususnya berat badan. Apa yang dimakan harus diperhatikan agar penambahan lemak di dalam tubuh tidak terjadi. Selanjutnya, berat badan juga harus dijaga dengan rutin menimbangnya setiap minggu.

  1. Meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D baik untuk kesehatan tulang. Kalau sampai dua komponen ini tidak ada pada tubuh, kemungkinan terjadi gangguan akan besar. Pria atau wanita akan mengalami pengeroposan tulang perlahan-lahan. Kalsium dari tulang akan diserap tubuh untuk menutupi kekurangannya.

Perbanyak minum susu atau mengonsumsi telur. Kalau Anda takut tidak bisa mencukupinya coba untuk mengonsumsi suplemen.

  1. Tidur dengan durasi yang benar dan nyenyak

Pria dan wanita yang sudah dewasa membutuhkan waktu sekitar 7-9 jam sehari untuk tidur. Dengan durasi ini tubuh akan bisa menyembuhkan dirinya dengan cepat dan stres atau tekanan akan mereda. Selain itu, tidur dalam jumlah yang besar juga menyebabkan gangguan pada tulang.

Kalau Anda tidak ingin mendapatkan gangguan pada tulang, sebisa mungkin untuk memperbaiki pola tidur. Ada baiknya menambah jam tidur jika memang dibutuhkan. Kalau Anda mengalami gangguan tidur lakukan olahraga. Biasanya kondisi seperti insomnia bisa diatasi dengan baik.

  1. Tidak merokok

Rokok tidak hanya menyebabkan gangguan berupa kerusakan paru-paru dan memicu kanker di seluruh tubuh. Aktivitas yang menyuplai racun ke dalam tubuh ini juga tidak baik untuk kesehatan tubuh khususnya tulang karena bisa mempercepat terjadinya pengeroposan tulang belakang.

Kondisi ini akan semakin parah pada wanita yang mengalami menopause. Mereka akan mudah mengalami cedera pada tulang. Aktivitas yang terlalu besar bisa membuat tulang mereka jadi patah sehingga wanita lebih banyak pasif. Pada pria hal serupa juga bisa terjadi meski pengeroposan tulangnya tidak terlalu besar.

Inilah lima cara untuk menjaga kesehatan tulang. Semoga bisa memberikan informasi yang tepat dan memicu Anda untuk mau memperhatikan kesehatan tulang.