Terbit: 2 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lemak merupakan salah satu penyebab terjadinya penggemukan pada tubuh sehingga membuat penampilan menjadi buruk. Lemak sendiri bisa bersarang di semua bagian tubuh, mulai dari perut, lengan, kaki, paha, bokong, wajah, dan pinggang. Untuk mengusirnya, ada serangkaian cara yang bisa dilakukan, misalnya melakukan diet ataupun olahraga secara rutin.

Lemak Menumpuk di Punggung? Pangkas dengan Cara ini

Namun, ada satu lagi bagian tubuh yang sering dihuni lemak, tapi jarang diketahui oleh seseorang. Bagian tersebut adalah punggung. Ya, lemak yang menumpuk pada punggung memang tidak begitu ketara layaknya lemak yang bersarang pada perut.

Tapi ketika sudah mengenakan baju, apalagi yang ketat maka lemak itu akan terlihat sehingga punggung menjadi menonjol, tak normal seperti biasanya. tentu saja hal ini bisa mengurangi penampilan. Untuk mengatasi lemak membandel di punggung, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

1. Push Up

Push up tidak hanya berguna untuk mengecilkan perut saja, tapi juga bisa memangkas lemak yang bersarang di punggung. Hal ini dikarenakan pada lengan, terdapat otot yang terhubung langsung dengan punggung. Jadi, ketika Anda memusatkan latihan pada kekuatan lengan, maka punggung pun akan ikut merasakan kontraksi.

2. Bridges

Bagi pelaku fitnes, mungkin sudah taka sing lagi dengan bridges. Bridges merupakan salah satu gerakan yang populer dilakukan dalam senam. Praktiknya mudah, pertama-tama Anda harus berada pada posisi tidur terlentang. Setelah itu, angkat tubuh bagian bawah sampai kaki tertekuk. Gerakan ini mengandalkan kekuatan otot punggung sehingga bisa mempercepaat pembakaran lemak pada area tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Pull Ups

Latihan selanjutnya adalah pull ups. Dalam latihan ini, Anda bisa mengurangi volume lemak pada punggung yang bisa merusak penampilan. Untuk pemula, sebaiknya melakukan pull ups dengan perlahan dan intensitas rendah. Sebab, jika dipaksakan, bisa membuat lengan menjadi cedera. Lakukanlah sesuai dengan kemampuan Anda, walau sebentar asalkan rutin maka Anda akan mendapat hasilnya.

4. Boxing

Selanjutnya Anda bisa melakukan latihan boxing, baik di rumah ataupun di pusat kebugaran. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, otot lengan dan punggung saling berhubungan. Jadi, ketika Anda melatih kekuatan otot lengan, maka secara otomatis punggung akan ikut terlatih juga.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi