Terbit: 15 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang cukup menyebalkan. Sebab, selain bisa mengurangi penampilan, jerawat juga memberikan rasa nyeri serta sensasi panas, terlebih jika sampai tersentuh. Jerawat sendiri tak hanya muncul pada wajah saja, tapi juga bisa muncul pada bagian tubuh lain, salah satunya adalah punggung.

Cara Mudah Atasi Jerawat Membandel pada Punggung

Jerawat pada punggung memang tidak memberikan efek berarti bagi penampilan. Namun, jerawat tersebut juga bisa memberi rasa tak nyaman, sebab selain nyeri dan panas, jerawat pada punggung biasanya memberikan efek gatal.

Banyak yang menganggap bahwa jerawat pada punggung adalah jerawat yang bandel dan sulit untuk diusir. Namun, kali ini doktersehat.com akan memberikan tips untuk menghilangkan jerawat pada punggung menggunakan bahan alami. Adapun bahan alaminya sebagai berikut:

1. Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang sifatnya anti-inflamasi dan anti bakteri yang berfungsi untuk menghambat peradangan yang bisa menyebabkan jerawat. Anda hanya cukup mengoleskan cuka apel ke sekujur punggung dan memijatnya secara halus. Selain itu, cuka apel juga bisa membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga bisa terbebas dari masalah atau gangguan umum pada kulit.

2. Madu

Bahan alami yang satu ini adalah salah satu antibiotik terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai pengusir jerawat pada punggung. Sebab, madu dipercaya bisa mengurangi dan mencegah infeksi penyebab jerawat membandel. Caranya, oleskan madu pada area yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit. Lalu pijat secara perlahan dan bilas sampai bersih.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Kunyit

Rempah yang satu ini sangat ampuh dalam mengatasi jerawat, baik pada wajah ataupun punggung. Kunyit memiliki senyawa antibakteri yang bisa mengusir P. acnes penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya. Selain itu, kunyit juga bisa mengurangi rasa nyeri serta sensasi panas akibat jerawat. Caranya cukup mudah, haluskan kunyit sampai berupa serbuk halus. Lalu tambahkan air dan oleskan pada punggung yang berjerawat sampai rata.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi