4 Langkah Mengurangi Risiko Kanker Payudara

doktersehat-kanker-payudara

DokterSehat.Com– Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Kanker sendiri disebabkan adanya pertumbuhan sel tak normal yang bisa menyebar ke seluruh tubuh. Jika tidak segera diatasi, kanker bisa membuat beberapa fungsi organ di dalam tubuh tak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Ada banyak jenis kanker, mulai dari kanker paru, kanker prostat, kanker hati, hingga kanker payudara.

Namun, yang paling ditakuti oleh sebagian besar wanita adalah kanker payudara. Ya, kanker payudara memang menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita karena siapapun memiliki risiko yang sama. Tapi Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Adapun caranya, sebagai berikut:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Cara pertama untuk menjaga kesehatan tubuh adalah mengonsumsi makanan sehat. Sebab, bagaimanapun juga, faktor makanan adalah penentu utama dari kesehatan tubuh. Untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk kanker, Anda harus rutin mengonsumsi buah dan sayuran. Tidak lupa pula, jangan makan secara berlebihan, tapi sewajarnya saja.

2. Olahraga

Cara selanjutnya adalah rutin berolahraga. Sebagaimana diketahui, olahraga merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan racun serta segala masalah di dalam tubuh. Dengan olahraga pula, tubuh bisa memerangi sel kanker sehingga tidak menyebar luas melalui darah dengan proses metabolismenya yang meningkatkan kadar estrogen.

3. Hindari Paparan Radiasi

Salah satu penyebab kanker payudara adalah paparan radiasi atau gelombang elektro, semisal dari gadget serta radikal bebas di jalanan. Untuk mencegah pertumbuhan sel kanker tersebut, Anda harus meminimalkan paparan radiasi tersebut. Jangan pernah menempelkan gadget pada payudara agar tidak menjadikan masalah serius di kemudian hari.

4. Periksa Mulai Sekarang

Sebenarnya, pertumbuhan sel kanker pada payudara bisa dideteksi sedini mungkin. Biasanya, ada sebuah benjolan pada area payudara sampai dengan ketiak. Jika Anda merasa ada benjolan tersebut, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter sebelum terlambat. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, bisa jadi sel kanker akan semakin kuat dan menyebar ke seluruh organ tubuh.