Terbit: 29 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak hanya saat sedang sedih, air mata juga bisa keluar jika kita sedang menguap atau mengantuk. Sebenarnya, apa sih penyebab dari hal ini?

Saat Menguap Kok Keluar Air Mata? Ini Sebabnya

Menurut pakar kesehatan, tatkala kita menguap, otot yang ada di sekitar mata akan tertarik dan membuat kelenjar air mata mendapatkan tekanan yang cukup besar. Sebagai informasi, kelenjar air mata ini berada di bawah kelopak mata bagian atas, tepatnya bawah tulang alis. Kelenjar ini biasanya memproduksi air mata secara perlahan agar membuat mata tetap lembab, namun tatkala kita menguap, maka tekanan pada kelenjar ini membuat air mata tumpah dan akhirnya membuat kita menangis.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Emory University, Matthew Campbell menyebutkan bahwa kebanyakan orang menganggap proses menguap disebabkan oleh otak yang mengirimkan sinyal bahwa tubuh sudah lelah dan kita harus segera beristirahat. Sebenarnya, proses menguap ini juga bisa disebabkan oleh otak yang sudah menerima informasi terlalu banyak.

Air mata yang keluar tatkala kita menguap adalah air mata basal, air mata yang berfungsi sebagai penjaga kelembaban dan melumasi mata sehingga menghilangkan berbagai debu atau kotoran. Di dalam air mata ini terdapat kandungan protein, air, minyak, dan sebagian kecil lendir yang dibutuhkan oleh mata agar tetap segar dan tidak mudah kering.

Air mata ini dialirkan dengan diagonal dan kemudian terkumpul di sudut mata. Yang menarik adalah, saat kita pertama kali mengeluarkannya, penglihatan kita cenderung sedikit kabur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Jadi, sudah tahu kan mengapa saat menguap kita bisa mengeluarkan air mata? Hal ini sangat wajar terjadi pada siapa saja.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi