Mengonsumsi Suplemen Setiap Hari, Perlukah?

Vitamin-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/franchise opportunities

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi suplemen? Ya, ada begitu banyak jenis suplemen di pasaran yang bisa kita pilih. Tapi apakah kita benar-benar memerlukannya?

Suplemen, baik itu suplemen nutrisi/gizi atau makanan, adalah produk yang akan melengkapi asupan gizi yang hilang atau tidak dapat dipenuhi dari makanan. Jenis suplemen yang lazim kita temui adalah suplemen vitamin dan mineral. Kedua jenis zat gizi tersebut umumnya kurang terpenuhi apabila kita sedang dalam kondisi tertentu.

Alasan utama kita dalam mengonsumsi suplemen adalah untuk mendukung kesehatan tubuh lebih optimal. Jika hal tersebut adalah alasan paling banyak dalam konsumsi suplemen, maka Association of United Kingdom Dietitian, menyebutkan bahwa kita akan mendapatkan kondisi kesehatan tubuh yang optimal dengan mengatur pola makan. Penerapan pola makan yang dimaksud adalah jenisnya bervariasi dan seimbang, dengan begitu tubuh kita akan terpenuhi kebutuhan zat gizinya.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa hanya pada kondisi tertentu saja kita membutuhkan suplemen. Beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah ibu hamil, ibu menyusui, lansia dan pada kondisi sakit.

Pemberian suplemen tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Kita dianjurkan untuk berkonsultasi kepada tenaga kesehatan seperti dokter, bidan atau dietitian tentang produk yang akan kita konsumsi.

Hal tersebut sangat penting dilakukan karena akan berkaitan dengan banyak hal, seperti berapa dosis yang harus kita konsumsi, kondisi kesehatan tubuh kita, dan kemungkinan interaksi dengan obat yang sedang kita konsumsi.

Maka dari itu, British Dietitian Association menganjurkan untuk mencukupi kebutuhan gizi kita dari makanan. Asupan gizi dari bahan makanan segar diserap lebih baik oleh pencernaan kita, sehingga hal ini akan mendukung pemenuhan gizi tubuh kita untuk mendukung kondisi kesehatan yang optimal.

Mengonsumsi suplemen tentu boleh-boleh saja, asalkan kita berada pada kondisi dimana asupan zat gizi tertentu tidak tercukupi dari makanan dan telah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang ahli. Suplemen tentu bermanfaat tapi jangan sampai menjadikannya sebagai pengganti makanan sehat, ya.