Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, terdapat sebuah label imbauan di dalam susu cair kemasan yang biasa dibeli di supermarket atau pasar swalayan. Label ini menyarankan kita untuk mengocok susu ini terlebih dahulu. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan imbauan ini dan langsung meminumnya begitu saja.

Pastikan Mengocok Susu Cair Kemasan Sebelum Diminum

Pakar kesehatan yang merupakan anggota dari Bidang Pengembangan Teknologi dan Inovasi PERGIZI PANGAN (Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan) Indonesia, Dr. Marudut Sitompul, MPS, menyarankan kita untuk mengocok terlebih dahulu susu cair kemasan sebelum diminum.

Meski terlihat sepele, hal ini ternyata bisa berpengaruh besar bagi nutrisi yang kita dapatkan dari susu tersebut. Tanpa kita sadari, protein casein yang ada dalam susu cair kemasan ini akan mengendap pada bagian dasar kemasan.

Jika kita tidak mengocok susu ini, maka kita hanya akan mendapatkan protein whey. Menurut Dr. Marudut, protein casein sangatlah penting bagi kesehatan dan pertumbuhan.

Sebagai informasi, di dalam susu kita bisa mendapatkan kandungan yang sangat penting bagi pertumbuhan yakni kalsium, fosfor, vitamin, serta protein casein, dan whey. Kedua protein ini ternyata sangat berbeda jika dibandingkan dengan protein yang kita temukan di bahan makanan lain.

Menurut Dr. Marudut, protein terbaik bagi kesehatan dan pertumbuhan adalah yang berasal dari susu dan telur. Protein ini bahkan dianggap sebagai protein sempurna karena kadar asam aminonya memiliki skor 100.

Hal ini akan membuat pembangunan matriks tulang menjadi lebih lancar dan akan menstimulasi hormon osteotropik bernama insulin-like growth factor 1 atau IGF -1 yang sangat penting bagi kesehatan tulang.

Melihat adanya fakta ini, selalu kocok susu cair kemasan sebelum kita minum, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi