8 Langkah Mengobati Cedera Otot Secara Alami

doktersehat-akibat-malas-olahraga
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Cedera otot merupakan sebuah hal biasa yang akan kita alami ketika melakukan aktivitas berat yang tidak mampu diterima oleh otot. Biasanya, cedera akan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa sehingga cukup menyiksa untuk beberapa hari.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati cedera pada otot. Namun, yang paling baik dilakukan adalah dengan cara alami. Sebab, cara alami terbilang cukup aman dan tanpa risiko. Lantas, apa saja cara alami tersebut? Berikut adalah beberapa cara mengobati cedera otot secara alami.

  1. Kompreslah bagian tubuh yang sakit dengan es batu selama 1-3 hari secara rutin.
  2. Istirahatkan bagian otot yang terasa sakit dan nyeri tersebut, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas berat terlebih dahulu.
  3. Lakukanlah pijatan yang ringan pada bagian otot yang terasa sakit.
  4. Hindari stres yang berlebihan dan melakukan tidur yang cukup.
  5. Cara efektif lainnya dengan melakukan yoga atau meditasi untuk meredakan ketegangan otot dan pada bagian otot yang bermasalah.
  6. Lakukan olahraga dengan rutin juga bisa membantu memulihkan ketegangan pada otot, misalnya dengan berjalan kaki, bersepeda, atau pun berenang. Lakukan dengan porsi yang ringan agar cedera otot yang anda alami tidak menjadi semakin parah.
  7. Hindari mengangkat beban atau barang yang beratnya berlebihan dan hindari juga aktivitas lain yang membutuhkan banyak kerja otot.
  8. Jika cedera masih tidak sembuh dalam beberapa hari atau hingga lebih dari sepekan, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke tenaga ahli profesional atau tenaga medis yang berkaitan dengan pengobatan cedera otot.

Tidak lupa juga untuk mengonsumsi bahan alami seperti minyak daun mint dan berjemur di bawah sinar matahari pagi karena matahari pagi mengandung vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga mempercepat penyembuhan otot yang cedera.