4 Langkah Hilangkan Komedo dengan Kompres Air Hangat

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

DokterSehat.Com– Komedo memang dinilai beberapa orang cukup mengganggu penampilan, tidak heran jika cara menghilangkan komedo pun ramai dicari. Hal ini wajar saja, mengingat bahwa meski tidak begitu terlihat, komedo tetap saja mengganggu penampilan, apalagi bila wajah dilihat dari jarak dekat.

Tidak heran jika banyak wanita menjadi tidak percaya diri karena masalah yang satu ini. Namun, ada cara menghilangkan komedo yang cukup mudah dengan air hangat seperti yang dilansir dari Livestrong berikut ini.

Langkah Pertama

Anda sebelumnya harus menyediakan alat untuk mengompres seperti kain lembut, atau handuk kecil berbahan lembut. Sediakan juga air hangat untuk mengompres. Air hangat bermanfaat untuk membuka pori-pori, sehingga penyumbatan yang disebabkan oleh komedo bisa dengan mudah dihilangkan. Kompres wajah Anda selama 5 sampai 10 menit.

Langkah Kedua

Pasang plester komedo pada wajah saat wajah masih lembap karena kompres air hangat tadi. Kelembapan pada kulit akan membantu agar plester menempel pada kulit dan komedo. Diamkan selama 10-15 menit sebelum menarik plester komedo tersebut.

Langkah Ketiga

Sisa komedo Anda yang membandel, bisa disiasati dengan menekan pelan-pelan dengan menggunakan jari. Jangan memencet komedo dengan menggunakan kuku. Jika komedo yang tersisa tidak dapat keluar, jangan menekannya keras-keras karena hal ini akan merusak kulit di sekitarnya. Cobalah kompres lagi dengan air panas, kemudian langsung tekan sekali lagi.

Langkah Keempat

Oleskan asam salisilat pada kulit. Asam salisilat berfungsi untuk memecah minyak dan dapat masuk jauh ke dalam pori-pori sehingga bisa membersihkan komedo yang tidak bisa keluar dengan Anda menekan kulit. Setelah mengoleskan asam salisilat, usap lagi dengan kompres air hangat, kemudian cobalah tekan sekali lagi.