5 Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah

doktersehat-perawatan-wajah-muka

DokterSehat.Com– Wanita mana yang tidak ingin punya wajah cerah, kencang, bersinar, dan tampak awet muda? Hampir semua wanita pasti menginginkan hal tersebut. Sebab, bagaimanapun juga wajah adalah aset utama yang bisa mendongkrak penampilan sehingga membuat seseorang menjadi lebih percaya diri.

Namun, sayangnya hal tersebut tidaklah mudah didapatkan. Pasalnya, ada beberapa masalah wajah yang kerap mengganggu, salah satunya adalah kerutan. Kerutan adalah salah satu masalah wajah yang cukup ditakuti oleh setiap orang, terutama wanita. Sebab, kerutan bisa membuat seseorang menjadi tampak lebih tua, kusam, dan tidak cantik lagi. Maka tak heran jika hampir semua wanita sangat menakuti terjadinya kerutan di area wajah.

Kerutan sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor, misalnya faktor usia, pola hidup, pola makan, serta pola tidur. Namun, jika Anda sedang mengalaminya, Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi kerutan secara alami. Berikut diantaranya:

1. Tidur Terlentang

Cara pertama yang bisa mengatasi kerutan di wajah adalah dengan tidur terlentang. Tidur terlentang difungsikan agar wajah Anda tidak terkena tekanan selama tidur, terlebih tidur malam yang menghabiskan banyak jam. Sebab, kerutan akan semakin parah jika terkena tekanan saat Anda tak sadar (tidur). Untuk itu, tidur terlentang adalah cara yang cukup ampuh dalam mengatasinya.

2. Konsumsi Ikan

Cara alami selanjutnya adalah perbanyak konsumsi ikan, apalagi yang kaya akan omega 3 seperti tuna atau salmon. Hal tersebut dikarenakan omega 3 bisa meremajakan kulit serta membangun reproduksi sel sehingga terhindar dari penuaan dini.

3. Sering Senam Wajah

Kerutan bisa terjadi akibat jaringan wajah yang kaku sehingga membuat kulit menjadi kendur. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan senam wajah secara rutin. Senam wajah sendiri ada banyak praktiknya, misal tertawa atau menggerakkan bibir, dahi, pipi, dan mata.

4. Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Menjaga kebersihan wajah memang penting, tapi juga tidak harus berlebihan. Sebab, dengan terlalu sering membersihkan wajah, apalagi dengan produk yang mengandung kimia akan membuat kulit wajah menjadi susah dalam meregenerasi sel mati. Alangkah baiknya, Anda membersihkan wajah dengan air hangat, satu kali dalam sehari.

5. Berjemur di Pagi Hari

Cara selanjutnya adalah berjemur di pagi hari. Jika Anda ingin mendapatkan kulit yang sehat, maka sering-seringlah berjemur di pagi hari. Sebab, paparan sinar di pagi hari bisa mendorong produksi vitamin di dalam tubuh. Akibatnya, kulit menjadi lebih remaja dan terhindar dari kerutan.