15 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah (Murah, Ampuh, & Alami)

cara-menghilangkan-kerutan-di-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com– Tidak sedikit kaum wanita mencari cara menghilangkan kerutan di wajah, karena wanita mana yang tidak ingin punya wajah cerah, kencang, bersinar, dan tampak awet muda? Hampir semua wanita pasti menginginkan hal tersebut. Sebab, bagaimanapun juga wajah adalah aset utama yang bisa mendongkrak penampilan sehingga membuat seseorang menjadi lebih percaya diri.

Namun, sayangnya hal tersebut tidaklah mudah didapatkan. Salah satu masalah yang seringkali dikeluhkan adalah munculnya kerutan. Semua wanita pastinya akan mengalami proses penuaan dan kerutan akan mulai muncul pada usia lebih dari 20 tahun.

Penyebab Kerutan di Wajah

Seiring bertambahnya usia, jaringan ikat kolagen dan elastin pada kulit akan berkurang, sehingga elastisitas dan fleksibilitas pada kulit pun juga akan berkurang.

Maka dari itu, ekspresi wajah yang berulang dapat menyebabkan munculnya garis permanen pada kulit dan menimbulkan kerutan. Nah, cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami, mungkin dengan mengurangi ekspresi wajah yang belebihan.

Selain itu, paparan sinar ultraviolet yang terus menerus juga akan mempercepat proses penuaan kulit sehingga garis kerutan pada kulit akan semakin cepat terbentuk. Proses penuaan adalah salah satu faktor yang tidak dapat kita hindari namun penuaan dini dapat kita cegah.

Kerutan sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor, misalnya faktor usia, pola hidup, pola makan, serta pola tidur. Namun, jika Anda sedang mengalaminya, Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi kerutan secara alami.

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Sebelum menggunakan perawatan medis, Anda mungkin bisa mencoba perawatan rumahan, yang secara ilmiah terbukti dapat mengurangi kulit keriput. Berikut cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Tidur terlentang

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang pertama adalah dengan tidur terlentang. Menurut penelitian, tidur dengan posisi menyamping akan mempercepat timbulnya kerutan oleh karena adanya tekanan pada kulit wajah yang terkena bantal dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, tidur dengan posisi terlentang lebih dianjurkan untuk mencegah kerutan.

2. Konsumsi ikan

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang alami selanjutnya adalah perbanyak konsumsi ikan, apalagi tuna atau salmon yang kaya akan omega. Hal tersebut dikarenakan omega 3 bisa meremajakan kulit serta membangun reproduksi sel sehingga terhindar dari penuaan dini.

3. Sering senam wajah

Telah terbukti bahwa melakukan senam wajah secara rutin dapat meningkatkan produksi jaringan ikat kolagen sehingga kulit menjadi lebih elastis dan mengurangi terbentuknya kerutan. Cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini dianjurkan selama 15 menit setiap harinya.

4. Jangan terlalu sering cuci wajah

Menjaga kebersihan wajah memang penting, tapi juga tidak harus berlebihan. Sebab, dengan terlalu sering membersihkan wajah, apalagi dengan produk yang mengandung kimia akan membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan teriritasi, terutama apabila Anda menggunakan sabun pembersih wajah yang bersifat mengeringkan. Alangkah baiknya, Anda membersihkan wajah dengan air hangat, satu kali dalam sehari.

5. Pijat wajah

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dengan memijat secara lembut. Cara ini berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan pembuluh limfa pada wajah, juga dapat mengurangi ketegangan pada otot wajah. Peredaran darah yang lancar dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit pada wajah sehingga melakukan face massage secara rutin 2 kali dalam seminggu dapat mengurangi kerutan pada wajah.

6. Berjemur di pagi hari

Cara alami menghilangkan kerutan di wajah selanjutnya adalah berjemur di pagi hari. Jika Anda ingin mendapatkan kulit yang sehat, maka sering-seringlah berjemur di pagi hari. Sebab, paparan sinar di pagi hari bisa mendorong produksi vitamin di dalam tubuh. Dampak baiknya, kulit tampak lebih muda dan terhindar dari kerutan.

7. Menggunakan sunscreen

Seperti yang telah disebutkan di atas, proses penuaan dini dapat disebabkan karena paparan sinar ultraviolet. Tanpa kita sadari, aktivitas sehari-hari di luar ruangan menyebabkan kulit sering terpapar oleh matahari.

Tidak hanya menyebabkan kerutan, sinar ultraviolet dapat menyebabkan pigmentasi kulit sehingga mempercepat timbulnya flek pada kulit.

Guna menghindari hal tersebut, mencegah atau cara menghilangkan kerutan di wajah, disarankan menggunakan tabir surya minimal dengan SPF 30 dan PA ++ kurang lebih digunakan 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangnan, dan diharuskan untuk diaplikasikan ulang setelah 4-6 jam.

8. Makan makanan yang mengandung antioksidan

Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah-buahan berries, green tea, dan yoghurt, menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami.

Kandungan antioksidan pada makanan tersebut dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga mengurangi timbulkan kerutan dan pigmentasi hitam di kulit wajah.

9. Masker pisang

Pisang mengandung minyak dan vitamin alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Sebagai cara alami menghilangkan kerutan di wajah, para ahli merekomendasikan menggunakan pasta pisang sebagai masker wajah.

Cara membuat masker pisang sama halnya dengan masker alami lainnya, Anda cukup menghaluskan seperempat pisang hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta pisang secara tipis di kulit wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

10. Putih telur

Selain mengecilkan pori-pori, putih telur juga bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami, sementara membran tipis yang memisahkan putih dari cangkang lebih efektif.

Dalam satu penelitian, menggunakan krim yang dibuat dengan membran telur berkhasiat mengurangi kerutan dengan signifikan dan meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit lebih halus dan esastis.

Perlu diketahui, orang yang alergi terhadap telur harus menghindari menggunakannya untuk mengatasi keriput di wajah.

11. Minyak zaitun

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi olive oil atau minyak zaitun dapat memperlambat kerutan seiring pertambahan usia. Minyak zaitun dan produk sampingannya, seperti batang dan daun, mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolagen di kulit.

Sebuah studi pada 2001, orang-orang yang mengonsumsi makanan kaya minyak zaitun tidak mudah keriput daripada orang-orang yang makan makanan lebih tinggi daging, susu, dan mentega.

Para peneliti juga menemukan bahwa sayuran, seperti brokoli dan tomat, dan kacang-kacangan, seperti lentil, memiliki efek perlindungan yang sama terhadap keriput. Semua makanan ini bisa menjadi bagian dari pola makan sehat, sehingga aman bagi kebanyakan orang untuk mengkonsumsinya. Tapi hati-hati dan hindari jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu makanan tersebut.

12. Vitamin C topikal

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu membuat kolagen di kulit. Vitamin C dapat ditemukan secara alami di banyak buah dan sayuran, seperti cabai, jambu biji, jeruk, kangkung dan makanan lainnya yang mengandung vitamin C.

Selain makanan tersebut, cara alami menghilangkan kerutan di wajah juga bisa menggunakan gel topikal yang mengandung vitamin C, yang dapat membantu meringankan keriput dan tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Dalam satu penelitian kecil pada 2008, 10 orang mengoleskan gel vitamin C ke satu sisi wajah dan mengoleskan gel yang tidak mengandung bahan tambahan di sisi lainnya.

Semua orang dalam penelitian ini menunjukkan sedikit kerutan dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari di sisi wajah mereka yang diolesi dengan gel vitamin C. Gel vitamin C ternyata melembapkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi peradangan.

13. Lemon & madu

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang sederhana dengan air perasan lemon dan madu. Caranya, oleskanlah satu lapis jus lemon yang dicampur dengan madu di wajah, dan biarkan selama 10 menit untuk mengencangkan kulit kemudian membilasnya. Kulit akan terasa segar dan harum.

Ini berkat madu yang mengandung humektan, yang menjaga kelembapan dalam sel-sel kulit, sementara lemon dapat meningkatkan produksi kolagen.

14. Mineral

Seperti vitamin, mineral adalah zat gizi mikro yang ada dalam makanan, dan ini dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Di kulit, mineral membantu menyaring paparan sinar matahari, meningkatkan penyembuhan, dan mencegah kerusakan pada kulit.

Zinc dan selenium adalah dua mineral yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Menggunakan krim topikal yang mengandung zinc dan selenium dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang menyebabkan keriput.

Sementara suplemen makanan yang mengandung selenium dapat memberikan efek perlindungan yang sama. Namun, jika Anda makan makanan yang sehat, kemungkinan Anda mendapatkan cukup zink dan selenium. Makanan yang yang mengandung zinc seperti tiram, kacang polong, kacang almond, kacang polong, keju. Sementara makanan yang mengandung selenium lebih tinggi, seperti biji bunga matahari, yogurt, bayam, dan pisang.

Namun, terlalu banyak zinc dan selenium dapat membahayakan kesehatan Anda, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan suplemen ke dalam makanan Anda.

15. Aloe vera

Cara alami menghilangkan kerutan di wajah berikutnya menggunakan gel lidah buaya. Gel bening dari lidah buaya ini memiliki efek penyembuhan luka dan menyejukkan ketika dioleskan pada kulit.

Kulit terbakar sinar matahari atau sunburns adalah salah satu cara tercepat merusak dan mengerutkan kulit, namun setelah mengoleskan gel lidah buaya dapat mempermudah proses penyembuhan kulit berkat sifat anti-inflamasinya.

Cara ini cukup murah, karena Anda bisa menanam lidah buaya di pekarangan rumah Anda daripada membeli gel, karena daunnya bisa tumbuh kembali setelah dipotong beberapa kali.

Itulah cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang mudah untuk Anda coba di rumah. Namun, bila Anda alergi pada salah satu bahan-bahan yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya, Teman Sehat!

_

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia.