Cara Menghilangkan Keputihan dengan Cepat dan Alami

doktersehat mengatasi keputihan

DokterSehat.Com – Salah satu gangguan pada vagina yang kerap dialami oleh wanita adalah keputihan. Keluarnya cairan yang cukup masif dari vagina ini terjadi karena dua hal. Pertama adalah mekanisme alami dari tubuh untuk membuang kotoran. Keputihan jenis ini biasanya sembuh dengan sendirinya dan tidak memberikan efek apa-apa pada tubuh.

Sementara itu keputihan kedua disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam vagina. Akibat keputihan ini, wanita kerap mengalami gangguan secara seksual atau reproduksi sehingga penyembuhan harus segera dilakukan dengan cepat.

Kalau Anda ingin mengenal lebih jauh tentang keputihan patogen yang terjadi pada wanita, simak tanda-tanda dan cara penyembuhannya yang cepat di bawah ini.

Ciri-ciri keputihan patogen

Keputihan alami dan patogen yang disebabkan oleh bakteri memiliki perbedaan yang cukup besar. Secara umum, keputihan yang disebabkan oleh bakteri atau mungkin virus memiliki ciri sebagai berikut ini.

  • Vagina akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Aroma ini seperti amis dari ikan atau busuk yang cukup pekat. Aroma ini berasal dari banyaknya bakteri yang berkembang dan melakukan infeksi secara masif.
  • Lendir yang keluar cukup banyak dan kental. Lendir vagina yang asli biasanya tidak terlalu lengket dan kekentalannya tidak terlalu besar.
  • Warna dari lendir biasanya abu-abu, cokelat, atau kehijau-hijauan. Warna cairan keputihan yang alami biasanya bening dan tidak berwarna. Oh ya, cairan ini juga kadang agak berwarna merah karena bercampur dengan darah.
  • Vagina akan mengalami gatal di bagian vulva dan agak ke dalam. Rasa gatal ini cukup membuat tidak nyaman karena bisa mengganggu kehidupan sehari-hari.
  • Saat digunakan untuk berhubungan badan, vagina akan mengalami perih dan nyeri karena bagian dalamnya mengalami inflamasi.

Cara menyembuhkan keputihan dengan aman

Keputihan yang disebabkan oleh bakteri biasanya disembuhkan dengan minum obat yang mengandung antibiotik. Namun, kalau Anda tidak mau terlalu banyak mengonsumsi obat kimia, lebih baik menggunakan cara alami di bawah ini.

  1. Mengonsumsi bawang putih

Bawang putih adalah herba yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Umbi kecil ini memiliki kandungan antioksidan tinggi dan zat anti bakteri yang cukup masif. Mengonsumsi bawang putih akan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam vagina dan mencegah masuknya radikal bebas dari luar.

Kalau Anda ingin memanfaatkan bawang putih, olah sesuai dengan selera. Anda bisa memasaknya dengan sayuran atau daging. Selanjutnya kalau ingin efek langsung bisa dikonsumsi mentah atau dibuat menjadi manisan terlebih dahulu.

  1. Mengonsumsi olahan kunyit

Kunyit memiliki dua buah fungsi jika digunakan untuk obat tradisional. Pertama, zat di dalam kunyit bisa berfungsi sebagai antioksidan dan anti radikal bebas. Kedua, kunyit juga berguna sebagai zat anti inflamasi atau pembengkakan jaringan yang ada di dalam tubuh termasuk vagina.

Mengonsumsi kunyit secara rutin akan membuat Anda semakin sehat dan gangguan pada vagina seperti keputihan bisa diminimalkan. Selanjutnya, kunyit juga baik untuk memperlancar aliran darah serta mengurangi rasa nyeri saat wanita menstruasi.

  1. Mengonsumsi rebusan daun sirih

Selama ini kita hanya menganal daun siri sebagai obat yang bisa membantu penyembuhan gangguan vagina dari luar dan aneka gatal pada tubuh. Ternyata daun siri juga bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan vagina dalam hal ini keputihan dari dalam. Anda bisa merebus beberapa kembar daun sirih lalu diminum rutin setiap hari.

Coba praktikkan beberapa cara di atas agar keputihan yang terus menyerang bisa segera diredakan. Terpenting dari semua, Anda jadi tidak tergantung dengan obat-obatan kimia.