Terbit: 27 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda yang gemar menghabiskan waktu di bawah terik matahari tentu sudah mengetahui sejumlah efek yang akan didapat. Mulai dari kulit kusam, kulit yang mudah kering hingga beberapa masalah rambut. Terkait dengan rambut, biasanya rambut justru mengeluarkan bau khas dari terik matahari. Tentu saja kondisi yang demikian sangat mengganggu dan kerap membuat Anda kurang percaya diri. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasi dan menghilangkan bau matahari pada rambut dengan cara seperti berikut:

Cara Menghilangkan Bau Matahari pada Rambut

1. Berkeramas Setiap Hari

Dilansir dari laman Livestrong, salah satu cara untuk menghilangkan bau matahari pada rambut adalah dengan berkeramas. Berkeramas setiap hari dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang memperkuat bau matahari. Selain itu, gunakan shampoo yang dilengkapi dengan kandungan keratin untuk melindungi rambut. Keratin akan memperbaiki struktur dan lapisan rambut agar tidak mudah rusak oleh paparan sinar UV. Tentu saja hal tersebut dapat meminimalisir munculnya bau terik matahari pada rambut.

2. Mengaplikasikan Masker Rambut

Selain berkeramas, ternyata Anda juga dapat mengatasi masalah bau matahari pada rambut dengan masker rambut. Aplikasikan masker rambut yang mengandung bahan-bahan yang ampuh menenangkan, membersihkan dan melindungi rambut dan kulit kepala. Jangan lupa untuk menggunakan masker rambut yang memiliki aroma menyegarkan. Terkait hal ini, Anda dapat membuat masker rambut secara alami. Misalnya saja dari campuran gel lidah buaya, minyak lavender dan minyak biji wortel.

3. Menyemprotkan Parfum Rambut

Langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan menyemprotkan parfum khusus rambut. Jenis parfum satu ini sudah banyak dijual di pasaran dan memiliki formula yang aman bagi kulit kepala mau pun rambut. Cara satu ini pun terbilang lebih praktis dan dapat dilakukan kapan pun. Tentu saja cara terakhir ini sangat memudahkan Anda yang memiliki kegiatan padat dan tidak memiliki cukup waktu untuk merawat rambut.

Beberapa cara di atas merupakan cara-cara yang ampuh dalam menghilangkan bau matahari pada rambut. Kendati demikian, jangan lupa untuk selalu menggunakan produk yang ampuh melindungi rambut dari paparan sinar UV. Terutama produk yang mengandung sunscreen agar rambut senantiasa sehat dan terawat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi