Menggunakan Parfum Ternyata Mengancam Kesehatan Rambut, Benarkah?

pengaruh-parfum-terhadap-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Setiap wanita tentunya ingin tampil menarik dan menjadi pusat perhatian. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan berbagai wewangian pada tubuh. Dan saat menggunakan parfum, tak jarang kita juga menyemprotkannya ke rambut agar ikut menebarkan wangi saat dikibaskan.

Kebiasaan ini mungkin sudah umum dilakukan oleh banyak orang. Namun tahukah Anda bahwa hal ini ternyata bisa membahayakan kesehatan rambut? Kandungan dalam parfum tubuh ternyata bisa merusak rambut secara perlahan. Bagaimana bisa?

Sebagaimana diketahui, sebagian besar parfum yang ada di dunia ini mengandung alkohol dengan kadar 60 hingga 70 persen. Alkohol merupakan zat volatile yang melarutkan konsentrat minyak esensial dalam parfum. Zat ini menguap dengan cepat sehingga saat disemprotkan, yang tertinggal di kulit hanya minyak konsentrat saja.

Saat disemprotkan pada rambut, minyak konsentrat akan menempel dan mengganggu dan merusak lapisan hyrolipic yang berfungsi sebagai pelindung alami. Lapisan ini berguna untuk melindungi rambut dari berbagai pengaruh buruk dari lingkungan sekitar. Jika lapisan ini sampai rusak, maka rambut akan mudah terkontaminasi oleh debu, kotoran, sinar UV, dan berbagai hal yang berpotensi menyebabkan kerusakan. Pada akhirnya rambut akan kering dan tidak sehat.

Kekeringan rambut akan menyebabkan berbagai masalah lain seperti ketombe dan gatal-gatal. Jika masalah ini tidak diatasi, maka masalah rambut rontok dan kebotakan juga akan menyerang Anda. So, mulai sekarang berhentilah menyemprotkan parfum pada rambut.

Untuk memberikan nuansa wangi pada rambut, saat ini telah beredar produk pewangi rambut yang telah didesain dengan kandungan vitamin yang akan menguatkan dan menyehatkan mahkota kita. Yuk mulai sayangi rambut kita dengan tidak menggunakan bahan yang tidak dibuat untuk rambut.