Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Peralatan Kecantikan Anda?

waktu-menggati-alat-kecantikan-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/StarsApart

DokterSehat.Com– Mungkin Anda sudah sering mendengar jika menjaga kebersihan alat-alat kecantikan merupakan kunci penting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Sayangnya, hal satu ini masih belum diketahui oleh banyak orang. Tidak heran kendati sudah mengaplikasikan produk perawatan kulit terbaik, kulit Anda akan tetap bermasalah karena menggunakan peralatan yang kotor.

Apalagi alat-alat kosmetik tersebut bisa saja menjadi sarang dari virus, bakteri dan jamur yang dapat menginfeksi kulit. Nah, tips berikut ini akan memberitahu kapan waktu yang tepat untuk membersihkan peralatan kosmetik Anda.

1. Kepala Sikat Pembersih Sonic

Pembersih Sonic saat ini memang sedang menjadi trend dalam membersihkan wajah secara optimal. Apalagi kepala sikatnya yang lembut diklaim mampu menyapu kotoran hingga ke dalam pori-pori kulit. Sayangnya, masih belum banyak orang yang mengetahui jika kepala sikat tersebut harus diganti secara rutin. Dilansir dari laman Skincare, waktu yang tepat untuk mengganti kepala sikat pada pembersih Sonic adalah setiap tiga bulan sekali.

2. Loofah

Mandi menggunakan loofah memang diklaim mampu meluruhkan kotoran dan sel kulit mati tanpa menyebabkan kulit iritasi. Kendati sering digunakan dengan air dan sabun, bukan berarti loofah Anda dalam kondisi yang bersih dan layak pakai. Apalagi loofah kerap diletakkan di kamar mandi yang tongkat kelembapannya cukup tinggi dan memicu perkembangan jamur serta bakteri. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengganti loofah saat warna loofah mengalami perubahan dan mengeluarkan bau tidak sedap. Kendati demikian, akan lebih baik jika Anda dapat mengganti loofah setiap sebulan sekali.

3. Derma Roller

Alat yang mampu menstimulasi proses regenerasi dan rejuvenasi sel kulit ini memang sudah banyak dijual di pasaran. Tidak heran jika Anda dapat melakukan perawatan di rumahnya menggunakan derma roller. Kendati demikian, pastikan Anda segera mengganti kepala derma roller saat jarum-jarum yang ada menjadi tumpul.

4. Tweezer

Alat yang biasa digunakan untuk mencabut rambut-rambut tak diinginkan ini ternyata dapat bertahan dalam waktu lama. Apalagi kebanyakan tweezer terbuat dari bahan yang awet dan tidak berkarat. Kendati demikian, Anda harus membersihkannya secara rutin menggunakan alkohol setiap selesai menggunakannya. Lebih lanjut, Anda diharuskan mengganti tweezer jika ujung dari alat satu ini sudah tumpul.

Wah, siapa yang menyangka ternyata setiap alat kecantikan memiliki waktu yang berbeda-beda. Kendati demikian, jangan malas untuk selalu membersihkan alat yang sudah Anda gunakan agar tidak ada bakteri atau pun jamur yang tertinggal. Apalagi pada alat yang sering digunakan.