DokterSehat.Com– Bicara soal skincare, tentu Anda pernah menjumpai sejumlah skincare dengan kandungan lycopene. Lycopene sendiri merupakan salah satu jenis antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kulit. Dilansir dari laman Refinery 29, lycopene dapat ditemukan baik pada buah mau pun sayuran. Sedangkan dilansir dari laman Stylecraze, lycopene merupakan salah satu nutrisi paling bermanfaat karena memberikan banyak khasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Nah, apa saja sih manfaat yang diberikan lycopene untuk kulit Anda?

kulit-cantik-doktersehat

Photo Credit: Pexels.com/ Min An

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Dilansir dari laman Stylecraze, lycopene merupakan salah satu antioksidan yang ampuh dalam melindungi kulit dari sinar UV. Seperti yang telah diketahui, sinar UV merupakan salah satu penyebab radikal bebas yang dapat memicu beragam masalah kulit. Tidak hanya menimbulkan garis halus, sinar UV juga dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Mengurangi Ruam

Fungsi kedua dari lycopene yang terkandung dalam suatu skincare mau pun makanan adalah mengurangi ruam yang muncul pada kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan bahan anti peradangan pada lycopene yang ampuh mengurangi kulit yang meradang. Tidak hanya itu saja, lycopene juga menstimulasi pembentukan sel kulit baru yang akan mempercepat proses penyembuhan kulit.

3. Mencerahkan Kulit

Siapa yang akan menyangka ternyata salah satu bahan yang ampuh dalam mencerahkan kulit adalah lycopene. Dilansir dari laman Stylecraze, lycopene dapat mengoptimalkan fungsi dari melanin. Tidak hanya itu saja, lycopene juga mencegah terjadinya hiperpigmentasi yang menjadikan kulit menjadi lebih gelap.

Sebagai tambahan informasi, lycopene ternyata dapat ditemukan pada sejumlah buah dan sayur. Sebut saja seperti tomat hingga semangka yang terbukti mengandung lycopene. Kendati demikian, Anda juga disarankan untuk menggunakan skincare sesuai dengan jenis kulit untuk hasil yang optimal.