Terbit: 22 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet sering diartikan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi atau membatasi asupan makanan ke dalam tubuh. Sehingga, banyak orang yang memilih untuk mengurangi makan, bahkan tidak makan sama sekali agar diet yang mereka lakukan berhasil.

Bagaimana Cara Mengetahui Diet yang Kita Jalani Berhasil atau Tidak?

Padahal, arti diet yang sebenarnya adalah cara hidup atau pola hidup sehat yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat tubuh selalu tampak sehat dan bugar.

Diet yang benar adalah tetap makan namun dengan mengurangi asupan makanan manis atau asin. Oleh karenanya, selama proses diet, kita harus bisa memilih makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan tubuh dan yang paling penting adalah bernutrisi lengkap.

Ada banyak metode diet yang bisa dilakukan. Namun, selama ini tidak sedikit orang yang masih bingung memilih metode diet, bahkan salah dalam memilih. Alhasil, metode diet yang salah justru malah dapat menggagalkan mereka mencapai tujuan yang diinginkan, bahkan malah menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, untuk memilih metode diet yang tepat, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti diet yang sebenarnya, yakni pola hidup sehat yang diterapkan untuk mendapatkan tubuh sehat. Setelah itu, tentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda melakukan diet. Apakah untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kolesterol atau ingin mencegah penuaan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Terakhir adalah setelah kita mengetahui tujuan dari diet yang akan dijalani, selanjutnya lihatlah terlebih dahulu kondisi tubuh kita, mulai dari kondisi berat badan, kadar lemak, penyakit yang dimiliki, olahraga, dan profesi. Hal ini bertujuan agar metode diet yang kita pilih tidak menimbulkan efek buruk pada tubuh.

Setelah kita menentukan metode diet yang akan dipilih, mulailah untuk menerapkannya. Cobalah untuk mengevaluasi hasil diet yang telah dijalani. Untuk mengetahui diet yang kita jalani berhasil, maka perhatikan tanda seperti mudah dilakukan dan tidak menyiksa, bisa dilakukan sehari-hari, dapat dilakukan dalam jangka panjang, dan tujuan berhasil.

Sementara, jika metode diet yang kita jalani tidak berhasil, maka akan menimbulkan tanda-tanda seperti sulit dilakukan, tidak dapat dilakukan dalam jangka panjang, dan tidak memberikan hasil secara signifikan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi