5 Makanan Pengendali Gula Darah bagi Pengidap Diabetes

Oatmeal-doktersehat
Photo Source: Flickr/ Marco Verch

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes harus menjaga pola makannya setiap hari demi mencegah datangnya komplikasi. Masalahnya adalah hal ini bisa memberikan kesulitan tersendiri, apalagi jika mereka tidak terbiasa menerapkan pola makan yang sehat sebelumnya.

Makanan yang Bisa Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mengingat penderita diabetes kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah, mereka harus lebih cermat dalam mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, kalori, atau gula layaknya roti, sereal, nasi, pasta, kue, susu, dan lain-lain. Hanya saja, mereka masih bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat yang bisa mengendalikan kadar gula darah.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa memberikan manfaat kesehatan tersebut.

  1. Oatmeal

Oatmeal dikenal luas sebagai makanan yang cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan atau kadar kolesterol. Ternyata, makanan ini juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini disebabkan oleh indeks glikemiknya yang berada di angka 55 atau lebih rendah. Hal ini berarti, mengonsumsinya tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Oatmeal juga memiliki kandungan b-glucans yang bisa membantu menurunka kadar gula darah sekaligus membantu meningkatkan respons insulin setelah makan. Selain itu, rutin mengonsumsinya juga akan membantu menurunkan kadar lipid dalam darah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2015 silam, disebutkan bahwa rutin makan oatmeal bisa mendukung kesehatan penderita diabetes tipe 2. Hanya saja, konsumsinya sebaiknya dibatasi karena di dalam 1 mangkuk oatmeal terdapat 28 gram karbohidrat.

  1. Sayuran

Sayuran, apapun jenisnya baik itu sayuran hijau atau yang memiliki warna lainnya sangatlah direkomendasikan bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mendukung keseimbangan kadar gula darah. Beberapa jenis sayuran yang sangat direkomendasikan adalah bayam, tomat, bawang, jamur, dan kale.

Hanya saja, pastikan untuk mengolah sayur dengan cara yang tepat. Sebagai contoh, sayuran yang dipanggang, direbus, atau sayuran mentah masih dianggap aman untuk dikonsumsi, namun jika sayuran ini digoreng atau dicampur di dalam santan, kadar kalorinya akan meningkat dan bisa saja membahayakan kadar gula darah.

  1. Minuman Rendah Kalori

Air putih menjadi minuman terbaik bagi penderita diabetes karena rendah kalori dan bisa mendukung sistem metabolisme tubuh dengan maksimal. Hanya saja, jika penderita diabetes bosan dan ingin mencicipi minuman dengan rasa lain, maka infused water atau minuman yang terbuat dari sayur dan buah-buahan bisa dijadikan pilihan.

Teh panas, es teh atau yang diberi tambahan lemon dan kayu manis juga bisa dijadikan pilihan yang menarik. Mengonsumsinya bisa membantu mengatasi keinginan mengonsumsi camilan tidak sehat.

  1. Buah Melon dan Buah Beri

Mengonsumsi satu cangkir buah melon atau buah beri hanya akan membuat kita mengonsumsi karbohidrat sebanyak 15 gram. Buah-buahan ini juga menyediakan nutrisi lain seperti serat yang sangat tinggi. Ditambah dengan rasanya yang cenderung manis, rutin mengonsumsinya tentu bisa memberikan kenikmatan tersendiri bagi penderita diabetes.

Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan lebih besar, kita juga bisa menambahkan yoghurt plain pad buah-buahan ini.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan tinggi kandungan protein, asam lemak tak jenuh, dan berbagai nutrisi lain seperti antioksidan, flavonoid, dan mineral seperti potasium dan magnesium. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2014, disebutkan bahwa rutin makan kacang bisa memberikan banyak manfaat bagi penderita diabetges.

Hanya saja, pastikan bahwa kacang yang dikonsumsi bukanlah kacang yang digoreng atau kacang yang diberi tambahan tepung atau bumbu-bumbu lainnya karena hal ini justru bisa membuat indeks glikemiknya naik.

 

Sumber:

  1. Friedman, Jennifer D’Angelo. 2019. Diabetes & Diet: 7 Foods That Control Blood Sugar. webmd.com/diabetes/features/diabetic-diet-6-foods-control-blood-sugar. (Diakses pada 13 September 2019).