Terbit: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda melihat dalam sebuah acara televisi mengenai manusia yang menikah dengan binatang, benda, dan sesuatu aneh lainnya? Jika pernah, maka Anda perlu tahu bahwa hal itu disebut dengan penyimpangan seksual atau perilaku seksual abnormal. Penyimpangan seksual tersebut ternyata tidak hanya terjadi pada manusia dengan manusia saja, ada juga manusia dengan binatang.

Mengenal Zoofilia, Penyabab dan Tanda-Tandanya

Photo Credit : pexels.com

Penyimpangan tersebut disebut dengan bestialitas yang termasuk penyimpangan seksual zoofilia dan tergolong kedalam parafilia (selera seks yang tidak biasa). Kata zoofilia pertama digunakan oleh seksolog bernama Richard von Krafft-Ebing dalam literatur klinis yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki ketertarikan dan terangsang secara seksual dengan binatang.

Sedangkan istilah bestialitas digambarkan dengan seorang manusia yang melakukan hubungan seksual dengan binatang. Namun, tidak semua zoofilia melakukan hubungan seksual dengan binatang karena mereka lebih condong kepada apa yang dirasakan oleh seseorang.

Dalam kebanyakan kasus, zoofilia melibatkan jenis binatang seperti, anjing, kucing, kuda, dan sapi. Penyebab zoofilia disinyalir karena gairah seksual yang dirasakan seorang manusia namun tidak ada tempat untuk melampiaskannya, sehingga mereka akan menjadikan seekor binatang sebagai pasangan seksual untuk melampiaskan gairah seksual mereka. Selain itu, zoofilia juga bisa disebabkan karena trauma yang dialami sejak kecil atau pelecehan seksual yang terjadi di masa kecil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Perlu Anda ketahui jika penyimpangan seksual ini dapat berpengaruh pada kehidupan seseorang yang mengalaminya. Disamping berpengaruh pada norma sosial yang telah menyimpang, zoofilia juga memiliki risiko yang berbahaya untuk kesehatan, seperti cedera fisik bahkan kematian juga akan mengintai.

Anda tentu pernah mendengar kabar bahwa ada salah satu artis porno yang tewas sesaat setelah melakukan hubungan seksual dengan seekor kuda. Kejadian tersebut menunjukkan bahwa sangat berbahaya jika berhubungan seksual dengan binatang karena organ seks manusia tidak sama dengan hewan.

Zoofilia juga dapat menyebabkan terjangkitnya penyakit menular, salah satunya adalah penyakit brucellosis yang disebabkan oleh bakteri brucella yang dapat ditularkan melalui kotoran hewan. Penyakit ini dapat menginfeksi jantung hingga sistem saraf pusat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi