Mengenal Wheatgrass dan Manfaatnya untuk Kulit

doktersehat-wheatgrass-untuk-kulit
Photo Credit: Flickr.com/oklo

DokterSehat.Com– Wheatgrass atau rumput gandum merupakan salah satu bahan alami yang kerap disarankan untuk merawat kesehatan kulit. Dilansir dari laman Stylecraze, rumput gandum ini kerap diolah  menjadi jus yang memudahkan Anda dalam menggunakannya. Apalagi rumput gandum juga dilengkapi dengan beragam bahan aktif yang memiliki manfaat baik untuk kulit. Tidak heran jika sejumlah skincare juga dilengkapi dengan tambahan ekstrak rumput gandum di dalamnya. Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan rumput gandum.

1. Memperlambat Proses Penuaan

Dilansir dari laman Stylecraze, salah satu kandungan bahan aktif yang ditemukan pada rumput gandum adalah antioksidan. Antioksidan merupakan bahan aktif ynag melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas. Bahkan mengonsumsi jus rumput gandum secara rutin akan mencegah kulit berkeriput dan mengendur.

2. Mengatasi Eksim dan Psoriasis

Anda juga dapat mengonsumsi rumput gandum untuk mengatasi sejumlah penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Kedua penyakit ini tidak hanya menyebabkan kulit mengalami breakout tetapi juga disertai dengan rasa gatal dan nyeri yang menyiksa. Mengonsumsi jus rumput gandum yang mengandung zat anti peradangan tentu akan mengatasi masalah tersebut dengan baik. Apalagi jus rumput gandum juga dapat mendetoksifikasi zat beracun dari dalam tubuh dan kulit.

3. Mengatasi jerawat

Jerawat yang meradang dan bekas jerawat merupakan dua hal yang sangat mengganggu penampilan. Namun, jus yang terbuat dari rumput gandum justru dapat mengatasi hal tersebut. Tidak hanya mengandung zat anti peradangan, rumput gandum juga ampuh memudarkan bekas jerawat secara alami. Bahkan, kulit akan tampak lebih bersih dibandingkan dengan sebelumnya.

Rumput gandum atau wheatgrass sendiri merupakan tanaman yang sering kali ditemukan pada sejumlah tempat terbuka. Kendati demikian, pilihlah rumput gandum yang berwarna hijau segar untuk mendapatkan kandungan bahan aktifnya secara optimal. Olah menjadi jus atau pasta yang dapat digunakan secara langsung pada kulit.