Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal metode pengobatan, Ayurveda merupakan salah satu metode yang paling terkenal. Tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh saja, pengobatan Ayurveda juga dikenal sebagai salah satu metode yang berguna untuk merawat kesehatan kulit. Salah satu contohnya adalah perawatan kulit menggunakan kunyit yang sangat terkenal.

Mengenal Water Hyssop dan Manfaatnya untuk Perawatan Kulit

Kendati demikian, ternyata pengobatan Ayurveda tidak hanya menggunakan tanaman herbal saja tetapi juga menggunakan sejumlah jenis bunga. Misalnya saja bunga Water Hyssop atau yang lebih dikenal dengan nama Brahmi. Bunga satu ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat beragam sehingga mampu menjadikan kulit seperti berikut.

1. Mengatasi Penyakit Kulit

Saat kulit dalam kondisi kering, kulit akan rentan terkena penyakit eksim atau psoriasis. Kedua jenis penyakit tersebut biasanya ditandai dengan gejala ruam serta sensasi rasa gatal yang menyiksa. Jika kondisi tersebut dibiarkan, bisa-bisa kulit akan rusak dan mengelupas. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan menggunakan minyak atau obat-obatan yang terbuat dari ekstrak bunga Water Hyssop alias Brahmi. Bunga yang juga dikenal dalam pengobatan Ayurveda ini akan mengembalikan kesehatan dan kelembapan kulit.

2. Mengencangkan Kulit

Dilansir dari laman Stylecraze, bunga Brahmi atau Water Hyssop ternyata juga berperan penting dalam menjaga kekencangan kulit. Siapa yang akan menyangka jika bunga satu ini mengandung zat-zat aktif yang mampu menjaga produksi kolagen. Tidak heran jika kulit akan terasa lebih kencang. Kondisi yang demikian juga akan membantu Anda dalam memudarkan garis-garis halus yang muncul di sudut-sudut wajah. Jadi, jangan kaget jika kulit akan tampak jauh lebih muda setelah menggunakan ekstrak dari bunga Water Hyssop.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Anda yang memiliki masalah kulit berminyak tentu sudah tidak asing lagi dengan ukiran pori-pori yang terlalu besar. Seperti yang telah diketahui, hal tersebut bisa diatasi dengan mengaplikasikan astringent. Siapa yang akan menyangka ternyata ekstrak dari bunga Water Hyssop berperan sebagai astringent yang akan mengecilkan ukuran pori-pori kulit. Tidak hanya itu saja, menggunakan ekstrak bunga Water Hyssop juga menjadikan kulit terasa lebih bersih dan segar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Kendati bunga satu ini masih terbilang asing di telinga masyarakat Indonesia, sejumlah produk-produk perawatan kulit ternyata menggunakan ekstrak dari bunga Water Hyssop sebagai formula andalannya. Bahkan, bunga satu ini kerap ditambahkan pada produk khusus untuk melawan penuaan. Kendati demikian, Anda juga dapat menggunakan ekstrak bunga Water Hyssop yang dikemas dalam bentuk minyak esensial.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi