Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Antioksidan merupakan salah satu bahan aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Tidak heran jika sejumlah produk perawatan kulit mencampurkan bahan satu ini. Bicara soal antioksidan, bahan satu ini ternyata terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah resveratrol. Dilansir dari laman Telegraph, resveratrol merupakan salah satu antioksidan yang sangat efektif dan kerap digunakan pada produk perawatan kulit topikal.

Mengenal Resveratrol dan Manfaatnya

Sebagai tambahan informasi, resveratrol ternyata dapat ditemukan pada knotweed Jepang dan juga kulit anggur merah. Terutama pada jenis anggur merah seperti Malbec atau Muscadine. Terkait dengan adanya kandungan resveratrol pada kulit anggur merah, tidak dipungkiri jika antioksidan satu ini juga bisa ditemukan pada sejumlah wine merah. Terkait dengan fungsinya sendiri, resveratrol disebut-sebut sebagai salah satu bahan anti penuaan yang sangat ampuh.

Tidak hanya mencegah dampak buruk radikal bebas yang kerap kali disebabkan oleh sinar UV atau pun polutan, resveratrol juga mampu memperlambat proses oksidatif yang menyebabkan kulit menjadi lebih cepat tua. Lebih lanjut, resveratrol ternyata juga dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak sehingga menjadikan kulit menjadi lebih halus dan memiliki tekstur yang rata.

Kendati resveratrol diklaim sebagai antioksidan paling ampuh dan efektif untuk merawat kulit secara topikal, ternyata penggunaan antioksidan satu ini harus dikombinasikan dengan bahan lain. Misalnya saja vitamin C agar kulit menjadi lebih terjaga kesehatan serta kelembapannya. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan vitamin A atau pun ekstrak teh hijau yang akan menjadikan kulit tampak lebih cerah dan awet muda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi