Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal skincare, tentu Anda sudah tidak asing dengan facial mask atau masker wajah. Facial mask sendiri digunakan untuk menutrisi kulit secara optimal serta menjadikan kulit lebih bersih. Di antara banyaknya pilihan jenis masker wajah, clay mask merupakan salah satu yang paling terfavorit. Hal ini disebabkan oleh clay yang mampu menyerap kelebihan minyak dan mengangkat kotoran dengans sempurna. Namun, tahukah Anda jika jenis clay yang digunakan pada setiap clay mask ternyata berbeda-beda? Berikut sejumlah clay yang biasa dicampurkan ke dalam facial mask.

Mengenal Ragam Clay yang Biasa Digunakan pada Masker

Source: My Organic Zone

1. Bentonite

Dilansir dari laman The Naked Chemist, bentonite merupakan jenis clay yang paling banyak digunakan dalam facial mask. Bentonite clat sendiri merupakan clay yang didapat dari area vulkanik. Tidak heran jika bentonite mengandung banyak magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya mampu menyerap minyak berlebih pada wajah, bentonite juga menjaga sel-sel kulit tetapterhidrasi sekaligus membasmi bakteri dari dinding folikel kulit.

2. French Pink Clay

Clay satu ini merupakan kombinasi dari clay putih dan clay merah. Biasanya, French pink clay digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif karena formula bahannya yang lebih lembut. French pink clay sendiri diperkaya dengan kandungan mineral seperti calcite, zat besi, illite dan juga montmorillonite atau bentonite.

3. Clay Merah

Jenis clay lainnya yang kerap ditambahkan sebagai pelengkap masker adalah clay merah. Clay merah merupakan clay yang disarankan untuk pemilik kulit normal. Sebagai tambahan informasi, clay merah mengandung mineral dan zat besi yang cukup tinggi. Tidak heran jika jenis clay satu ini mampu menstimulasi proses rejuvenasi sel-sel kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

4. Clay Kuning

Berbeda dari clay merah, clay yang berwarna kuning ini biasanya digunakan sebagai eksfoliator kulit. Tidak hanya ampuh untuk meluruhkan sel kulit mati, clay kuning juga dapat menstimulasi regenerasi sel kulit yang baru. Tidak heran jika clay kuning kerap digunakan untuk pemilik kulit oily mau pun acne-prone.

Clay mask ternyata dapat terbuat dari kombinasi beberapa formula bahan dengan clay khusus. Apalagi, penjelasan di atas juga menginformasikan jika setiap jenis clay memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga lebih memudahkan Anda dalam memilih clay mask yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi