Terbit: 28 April 2018 | Diperbarui: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Payudara merupakan bagian tubuh yang mengalami perubahan di saat kehamilan dan setelah melahirkan. Saat hamil, payudara ikut berkembang sebagai persiapan menyusui. Beberapa perubahan payudara mungkin membuat Anda tidak nyaman, namun ini adalah hal yang wajar sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Perubahan bentuk payudara ibu hamil

Perubahan payudara saat hamil dipicu oleh peningkatan hormon estrogen dan porgesteron. Beberapa perubahan yang terjadi antara lain:

1. Perubahan pada trimester pertama kehamilan

Perubahan hormon pada trimester pertama membuat aliran darah meningkat dan dapat mengubah jaringan pada payudara. Gejala yang Anda rasakan dapat berupa nyeri, geli, bengkak, dan sensitif ketika disentuh. Umumnya perubahan payudara ini mirip dengan rasa tidak nyaman saat mengalami sindrom pra menstruasi. Rasa nyeri ini biasanya berlangsung mulai terasa pada minggu keempat hinga minggu keenam selama trimester pertama kehamilan.

2. Perubahan pada trimester kedua kehamilan
Memasuki trimester kedua, Anda mungkin merasa bahwa payudara akan semakin terasa berat dan semakin penuh. Pembuluh darah di payudara yang berada di bawah kulit juga tampak menjadi lebih jelas. Selain itu warna puting dan area di sekitar puting (areola) menjadi lebih gelap dan melebar.

3. Perubahan pada trimester ketiga kehamilan
Semakin mendekati kelahiran bayi, payudara dan puting akna terus membesar seiring persiapan untuk menyusui dan meningkatnya produksi ASI. Beberapa wanita mungkin akan mengalami keluarnya ASI atau cairan kekuningan pada payudara. Hal ini termasuk normal, dan dapat mereda selama beberapa jam.

Perubahan payudara mungkin membuat Anda tidak nyaman, untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan bra yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Pilih bra yang terbuat dari katun atau serat alami sehingga dapat melancarkan sirkulasi udara yang membantu kulit payudara untuk bernapas.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi