Mengenal Minyak Monoi, Saingan Minyak Kelapa yang Ampuh Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat-minyak-monooi-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Minyak Monoi merupakan salah satu minyak esensial khas Tahiti. Minyak yang dibuat dari ekstraksi bunga tiare ini sebelumnya hanya digunakan sebagai minyak aromaterapi saja karena wanginya yang menyegarkan. Kendati demikian, masyarakat Tahiti rupanya sudah sejak lama menggunakan minyak satu ini untuk merawat kesehatan kulit bahkan, minyak monoi disebut-sebut memiliki kemampuan merawat kulit melebihi minyak kelapa. Seperti apa sih khasiat dari minyak Monoi?

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Dilansir dari laman Livestrong, minyak Monoi merupakan minyak yang dilengkapi dengan kandungan moisturizer yang cukup tinggi. Tidak heran jika minyak Monoi kerap digunakan untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan terhidrasi. Lebih lanjut, penggunaan minyak monoi ternyata juga mampu menjadikan kulit terasa lebih kenyal dan elastis. Jadi, jangan kaget jika minyak satu ini sangat digandrungi oleh masyarakat Tahiti.

2. Meredakan Sunburn

Anda gemar berpanas-panasan di bawah sinar matahari? Tentu sudah tidak asing lagi dengan kulit yang akan berwarna merah, meriam dan kerap kali disertai dengan sensasi rasa terbakar. Sebagai tambahan informasi, gejala-gejala tersebut merupakan gejala dari sunburn. Kondisi yang demikian merupakan akibat dari paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit.

Kendati demikian, masalah satu ini rupanya dapat diatasi dengan mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak Monoi. Minyak satu ini dikenal dengan kandungan zat anti peradangan nya yang dapat mengurangi ruam pada kulit. Lebih lanjut, minyak Monoi juga ampuh dalam menenangkan kulit sehingga kulit akan terasa lebih segar.

3. Mencegah Keriput

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada minyak Monoi juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan. Apalagi antioksidan merupakan salah satu zat penting yang berguna dalam melindungi dan menjaga kulit dari dampak buruk radikal bebas. Mengaplikasikan minyak Monoi secara teratur akan mencegah munculnya garis-garis halus penyebab keriput. Kulit pun akan terbebas dari kekusaman yang disebabkan oleh pigmentasi.

Selain digunakan dalam bentuk minyak esensial, minyak Monoi rupanya juga sudah banyak ditambahkan pada beberapa produk perawatan kulit. Mulai dari krim, lotion hingga sabun yang memudahkan Anda dalam menggunakannya. Kendati demikian, jangan lupa pula untuk menggunakan produk-produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit agar mendapat hasil yang optimal.