Terbit: 23 Maret 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Blue tansy oil adalah minyak esensial yang berasal dari bunga tanaman Tanacetum annum. Minyak esensial ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Apa saja manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan selengkapnya.

10 Manfaat Blue Tansy Oil yang Bisa Anda Dapatkan

Manfaat Blue Tansy Oil bagi Kesehatan

Meskipun tidak banyak penelitian untuk memeriksa seberapa baik kinerja minyak ini dalam penggunaan klinis, terdapat beberapa bukti bahwa minyak esensial ini dapat efektif sebagai perawatan kulit. Berikut adalah berbagai manfaat blue tansy oil, di antaranya:

1. Efek Menenangkan

Beberapa ahli radiologi telah menggunakan minyak esensial ini dengan kombinasi air untuk membantu merawat luka bakar. Meski begitu, studi lanjutan masih diperlukan apakah blue tansy oil membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi.

2. Mengurangi Peradangan

Meski belum terdapat banyak penelitian tentang bagaimana minyak esensial ini berfungsi untuk mengurangi peradangan, akan tetapi terdapat bukti bahwa dua komponen utamanya efektif melawan peradangan.

  • Sabinene, komponen utama pada blue tansy oil ini adalah agen antiinflamasi yang efektif.
  • Camphor, komponen utama lain dalam minyak esensial ini telah terbukti dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Selain itu, American Chemical Society mencatat bahwa chamazulene, bahan kimia yang menghasilkan warna biru pada minyak ini juga merupakan agen antiinflamasi.

3. Memperbaiki Kulit yang Rusak

Konsentrasi camphor dalam minyak ini telah terbukti membantu memperbaiki kulit yang rusak. Dalam sebuah penelitian, tikus yang telah terpapar radiasi UV menunjukkan perbaikan setelah perawatan dengan camphor. Hal ini membuat para peneliti memercayainya sebagai agen penyembuhan luka yang manjur sekaligus berguna mencegah kulit keriput.

4. Mengatasi Hidung Tersumbat

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, blue tansy oil telah berguna sebagai antihistamin, yaitu berguna untuk mengurangi hidung tersumbat. Ahli aromaterapi merekomendasikan untuk menggunakan beberapa tetes dalam mangkuk berisi air  panas untuk menghasilkan uap infus.

5. Mengatasi Alergi

Seperti minyak esensial lainnya, minyak ini dapat menetralkan histamin dan menghentikan produksinya. Hal inilah yang membuatnya mampu menghilangkan reaksi terhadap beberapa alergen. Minyak ini baik untuk penderita asma yang sering bergumul dengan alergen di lingkungannya.

Baca Juga: 18 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Meningkatkan Mood

Minyak esensial ini tidak hanya berfokus pada pengobatan penyakit fisik, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah mental. Manfaat blue tansy oil dipercaya dapat mengatasi masalah psikologis seperti gangguan kecemasan, depresi, kemarahan, dan kegugupan. Sifat aromatiknya meningkatkan pikiran positif, mengatasi insomnia, dan mengontrol gangguan impulsif.

7. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Minyak esensial ini juga dipercaya membuat kulit yang kenyal dan bercahaya, hal itu dipengaruhi oleh sifat antioksidan dan antiinflamasi yang ada di dalamnya. Satu-satunya pesaing minyak esensial ini  adalah chamomile oil.

8. Membantu Melembapkan Kulit

Kemampuan melembapkan kulit dari minyak esensial ini membantu memulihkan kulit kering, gatal, dan iritasi. Kandungan utama yang ada di dalam minyak ini juga membuat kulit tampak segar, halus, dan bercahaya.

9. Mencegah Gigitan Serangga

Minyak esensial ini dapat melakukan dua hal penting terkait dengan serangga: mencegah gigitan dan mengendalikan rasa gatal akibat gigitan serangga.

Beberapa serangga hanya akan menyengat bila merasa terancam, sedangkan sebagian lain sengaja menggigit untuk mengambil darah. Meskipun begitu, kedua tipe gigitan serangga tersebut dapat menimbulkan kondisi ringan hingga berat.

10. Mengatasi Dermatitis, Eksim, Psoriasis,  dan Jerawat

Tahukah Anda bahwa menggunakan minyak esensial ini dapat memberikan perasaan yang menenangkan jauh di dalam kulit? Hal ini bagus untuk kulit yang membutuhkan relaksasi mendalam.

Terdapat cara sederhana untuk membuat serum yang menenangkan untuk kulit yang merah, meradang, cacat, atau teriritasi. Encerkan minyak ini dengan minyak jojoba. Oleskan campuran ini pada kulit dan kemudian tunggu beberapa saat agar bisa meresap sepenuhnya.

Minyak esensial ini sangat efektif melawan jamur yang dapat menyebabkan infeksi kulit dan beberapa penyakit kulit seperti kudis, eksim, dermatitis, jerawat, dan psoriasis.

Baca Juga: Minyak Mustard, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

Cara Menggunakan Blue Tansy Oil

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat minyak esensial ini, di antaranya:

  • Dicampur pada Krim atau Carrier Oil

Seperti minyak esensial lainnya, penting untuk mengencerkan blue tansy sebelum menyentuh kulit. Anda bisa mencampurkan 1 hingga 2 tetes ke dalam moisturizer, cleanser, atau body lotion.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes ke minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak jojoba sebelum Anda oleskan ke kulit

  • Menggunakan Diffuser (Alat Aromaterapi)

Banyak orang menganggap aroma herbal dari minyak esensial bisa menenangkan. Untuk menikmati keharuman dalam rumah, masukkan beberapa tetes ke dalam alat aromaterapi. Penting untuk diketahui, minyak esensial bisa memicu gejala asma atau alergi bagi sebagian orang.

  • Menggunakan Botol Semprot

Campurkan 4 ml blue tansy oil  ke dalam botol semprot yang berisi 120 ml air. Kocok botol untuk mencampur minyak dan air sebelum Anda menyemprotkannya.

Keamanan dan Efek Samping

Seperti kebanyakan minyak esensial lainnya, blue tansy oil Anda tidak boleh mencerna atau mengoleskannya ke kulit langsung tanpa mengencerkannya terlebih dahulu. Jangan gunakan dekat area mata atau mulut.

Saat Anda ingin membelinya, pastikan Anda memilih minyak yang berasal dari Tanacetum annuum, bukan Tanacetum vulgare. Tanacetum vulgare umumnya memiliki konsentrasi thujone (enzim beracun) yang tinggi dan tidak aman untuk tujuan aromaterapi.

Beberapa praktisi aromaterapi merekomendasikan blue tansy oil untuk gejala asma. Sementara beberapa minyak esensial jenis yang lain dapat memicu episode asma.

Beberapa pakar di American Academy of Asthma, Allergy & Immunology merekomendasikan para penderita asma untuk menghindari penggunaan diffuser dan inhaler minyak esensial karena risiko sesak napas dan bronkospasme.

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak esensial. Belum ada informasi lebih lanjut tentang dampak minyak esensial ini untuk janin.

 

  1. Levenberg, Claire. 2020. The Definitive Guide to Blue Tansy Oil – Benefits, How to Use and Precautions. https://ilavahemp.com/blue-tansy-essential-oil/. (Diakses pada 23 Maret 2021).
  2. Stanborough, Rebecca Joy. 2019. What Are the Benefits of Blue Tansy Essential Oil?. https://www.healthline.com/health/blue-tansy#what-is-it. (Diakses pada 23 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi