Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Nama minyak argan atau argan oil mungkin masih asing di telinga Anda. Hanya saja belakangan ini ada beberapa ulasan tentang perawatan tubuh yang sering menggunakan minyak tersebut. Disebutkan minyak ini begitu ajaib karena bisa digunakan untuk berbagai macam perawatan, terutama untuk kecantikan dan kesehatan. Tahukah Anda apa minyak tersebut? Darimana asalnya serta apa manfaat yang dibawa oleh minyak ini? Simak dulu ulasan lengkap dari kami.

Mengenal Minyak Argan yang Ramai Dibicarakan

Apa itu Minyak Argan?

Sesuai dengan namanya minyak ini dihasilkan dari biji dari pohon Argan yang hanya tumbuh di Maroko Barat Daya. Menurut sejarahnya, dahulu kala wanita lokal di sana menggunakan cara tradisional untuk menghasilkan minyak ini. Disebutkan kalau bukannya menggunakan mesin, biji-biji argan diekstrak dengan tangan dari cangkangnya yang keras lalu ditumbuh dengan batu dan diremas berjam-jam dan juga diperas hingga menjadi minyak. Butuh 3 hari untuk membuat satu liternya. Tak heran, dulu minyak argan begitu berharga. Bahkan di tahun 1998, hutan argan di Maroko ditetapkan sebagai biosfer yang dilindungi oleh UNESCO. Tujuannya supaya minyak ini tetap ada dan berkelanjutan.

Apa Manfaat Minyak Argan?

Melihat julukannya yang ajaib, manfaat minyak ini ternyata banyak sekali. Dilansir dari Mindbodygreen, minyak argan bisa digunakan untuk perawatan dari ujung kaki hingga kepala. Sebab minyak ini mengandung asam lemak, antioksidan, vitamin A dan E serta mineral.

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Argan?

Seperti yang disebutkan bahwa minyak ini bisa digunakan dari ujung kepala hingga kaki, sebab untuk wajah saja minyak ini bisa bermanfaat sebagai pelembab, toner, dan agen pencerah dan peremajaan kulit. Bahkan Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak ini pada foundation, bronzer, atau pelembab untuk hasil kulit yang lebih bercahaya.

Tak hanya itu, minyak argan juga bisa digunakan sebagai pelembab yang menyembuhkan bibir kering. Cukup campurkan minyak ini dengan ekstrak vanila lalu pijatkan pada bibir dengan gerakan memutar lalu bilas. Dijamin bibir lembut dan lembab.

Tahu juga kan kalau minyak argan baik untuk rambut? Anda bisa mengoleskan minyak ini saat rambut sudah kering lalu gosok-gosok hingga rambut jadi lebih teratur. Atau pijatkan minyak ini pada rambut, kulit kepala dan ujung rambut pada malam hari. Bungkus rambut dan tidur. Di pagi hari, bilas atau keramas seperti biasa. Anda akan mendapatkan rambut yang lembut berkilau.

Terjawab kan kenapa minyak ini sedang dibicarakan banyak orang? Manfaatnya banyak sekali! Mending segera cari minyak argan sekarang juga ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi