Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Istilah let-down reflex tentunya sudah akrab di telinga para ibu menyusui. Apa sih sebenarnya let-down reflex itu dan apa pengaruhnya saat menyusui?

Mengenal Let Down Reflex dan Peranannya Dalam Menyusui

Photo Credit: Pixabay.com

Apa itu let-down reflex?

Let-down reflex (LDR) adalah refleks yang membantu ASI mengalir lebih lancar saat menyusui. Refleks ini terjadi alami saat ibu menyusui dengan benar. Tidak semua ibu bisa merasakan refleks ini sehingga banyak ibu merasa bahwa refleksnya gagal. Namun sebenarnya, jika ibu tidak dapat merasakan let-down reflex, bukan berarti let-down reflexnya tidak bekerja.

Let-down reflex
terjadi atas respon bayi mengisap payudara ibu. Isapan bayi kemudian merangsang saraf-saraf yang ada di puting ibu dan melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin ke aliran darah ibu. Hormon prolaktin berfungsi unuk memicu kelenjar penghasil ASI di payudara lalu hormon oksitosin bertugas untuk merangsang otot kecil di sekitar payudara untuk berkontraksi dan mendorong ASI keluar.

Refleks ini tidak hanya dipicu oleh isapan bayi saja, namun bisa juga disebabkan oleh kontak dengan bayi atua bahkan hanya dari perasaan Anda. Misalnya ketika Anda mendengar tangisan bayi Anda, secara otomatis Anda akan segera menghampiri dan menyusui bayi Anda sehingga ASI akan segera mengalir.

Cara merangsang let-down reflex

Let-down reflex dapat membantu Anda untuk melancarkan proses menyusui. Let-dwon reflex bisa terjadi bukan hanya saat menyusui si kecil secara langsung. Saat memompa ASI di tempat kerja pun Anda dapat memicu LDR agar ASI dapat keluar dengan lancar. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merangsang let-down reflex antara lain:

1. Pikirkan tentang bayi Anda

Saat menyusui atau pun memompa dan memerah ASI, pikirkanlah segala hal positif tentang bayi Anda, tentang rasa kasih sayang Anda padanya dan bagaimana Anda mengharapkan si kecil dapat tumbuh jadi anak yang ia harapkan. Pikiran positif ini dapat membantu Anda untuk memicu LDR dengan baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Pijat di sekitar payudara
Pijatan di area puting payudara juga dapat membantu let-down reflex lebih lancar. Mulailah memijat di bagian atas payudara, kemudian pijat lembut menuju puting payudara dan belai lembut puting payudara sebelum kemudian menyusui bayi Anda.

Beberapa tanda LDR berhasil saat menyusui antara lain ibu mungkin merasa nyeri pada bagian rahim. atau sensasi panas pada payudara saat menyusui. Selain itu ASI juga akan menetes dari payudara satunya saat sedang tidak diisap bayi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi