Mengenal Lactic Acid, Bahan Ampuh untuk Memperbaiki Kondisi Kulit

manfaat-lactic-acid-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bagi Anda para pecinta skincare pasti sudah sering mendengar tentang alpha hydroxy acid atau AHA. Bahan ini paling sering ditambahkan dalam formulasi untuk membantu menyamarkan garis-garis halus, memperbaiki tekstur kulit, membersihkan pori-pori, dan banyak lagi. Salah satu bahan yang termasuk dalam kategori AHA adalah lactic acid atau asam laktat. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan asam laktat untuk kulit Anda.

1. Mengurangi masalah kering

Kebanyakan orang mungkin akan berpenapat bahwa menggunakan acid pada kulit kering akan membuat kulit semakin kering dan iritasi. Hal ini tidak selalu benar mengingat asam laktat yang diformulasikan dalam cream dan pelembap dapat digunakan untuk menghidrasi kulit kering.

2. Membuat kulit bercahaya

Cream dan pembersih wajah yang banyak dijual di pasaran sering kali menggunakan asam laktat yang bisa membantu kondisi kulit Anda. Cara lain menggunakan asam laktat adalah dengan chemical peels. Cara ini tidak hanya dapat membersihkan kotoran, namun juga dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih cerah.

3. Meminimalkan tampilan keriput

Asam laktat adalah salah satu bahan yang bermanfaat untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dan keriput sehingga baik untuk perawatan anti penuaan. Sebuah penelitian yang dibagi lewat National Center for Biotechnology Information (NCBI) mengungkapkan bahwa asam laktat yang digunakan pada kulit dapat memperbaiki tampilan garis-garis halus dan keriput.

4. Meminimalkan pigmentasi

Ketika kulit mengalami noda hitam, baik karena paparan sinar matahari, jerawat atau penyebab lainnya, mengurangi tampilan gelap tersebut bisa jadi sedikit menantang. Asam laktat merupakan bahan aktif yang dapat digunakan untuk mengurangi tampilan noda hitam akibat pigmentasi ini.