Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kanker bisa terjadi pada siapa saja termasuk itu pria dan wanita. Meski demikian ada beberapa kanker spesifik yang menyerang pria atau wanita. Pada wanita kanker yang sering terjadi adalah kanker payudara dan kanker prostat. Sementara itu, kanker pada pria biasanya menyerang prostat dan penis.

Mengenal Kanker Penis, Gejala, dan Perawatannya

Nah, untuk lebih mengenal kanker khususnya pada pria, kita akan membahas kanker penis secara singkat mulai dari gejala hingga perawatannya.

Kanker Penis dan Penyebabnya

Kanker pada penis adalah tumbuhnya sel abnormal pada bagian batang yang menyebabkan masalah pada organ secara menyeluruh. Kanker ini tidak terjadi secara langsung. Biasanya dibutuhkan waktu cukup lama hingga akhirnya kanker tumbuh dan memberikan efek samping pada tubuh.

Kanker penis disebabkan dan dipicu oleh banyak faktor. Yang paling sering adalah adanya riwayat dari keluarga yang pernah memiliki kanker sebelumnya. Selain itu, infeksi HPV dari strain tertentu juga bisa menyebabkan kanker. Terakhir masalah kebersihan dari penis juga memengaruhi termasuk penis yang tidak sunat.

Risiko terkena kanker juga semakin tinggi kalau pria menerapkan gaya hidup tidak sehat dan sering merokok.

Gejala Kanker Penis

Gejala paling sering dari kanker penis adalah munculnya pembengkakan tidak normal. Selanjutnya iritasi, perubahan warna jadi merah, dan juga bisul yang muncul secara masif juga merupakan tanda-tanda dari kanker penis. Kalau penis Anda memiliki tanda ini segera lakukan pemeriksaan.

Perawatan Kanker Penis

Ada banyak sekali metode perawatan yang bisa didapatkan oleh pria yang mengalami kanker pada penis. Cara perawatan dan penyembuhan biasanya disesuaikan dengan derajat keparahannya. Ada yang hanya perlu melakukan radiasi, kemoterapi, hingga pembedahan untuk membuang sel kanker.

Semoga kita tidak mengalami kanker penis ya. Mari cegah dengan lebih menjaga kesehatan tubuh, berolahraga, dan diet yang seimbang.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi