Terbit: 13 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kuku terkadang menjadi bagian tubuh yang tidak terlalu diperhatikan. Sebagian orang merasa memotong kuku saja sudah cukup, padahal ada perawatan lain yang bisa dilakukan juga untuk menjaga kesehatan kuku serta kutikula. Tidak hanya itu saja, kuku yang sehat juga akan mempercantik penampilan.

Mengenal Hot Oil Manicure dan Cara Membuatnya

Hot oil manicure merupakan salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan untuk merawat kuku. Perawatan ini termasuk perawatan kuku yang mahal dan mewah yang dapat menutrisi kuku dan kutikula serta cocok untuk Anda yang memiliki kuku rusak. Tidak heran jika hot oil manicure sering kali hanya ditemukan di spa mahal. Meski demikian, Anda juga bisa mempelajari prosedur hot oil manicure agar bisa menerapkannya di rumah.

Untuk membuatnya, Anda akan memerlukan minyak bunga matahari, minyak jarak, minyak almond, minyak vitamin E, minyak zaitun, minyak tea tree, serta kapsul vitamin E. Campur semua bahan, kemudian hangatkan dalam microwave selama sekitar 30 detik saja. Anda juga bisa memecah kapsul vitamin E dan menambahkannya dalam campuran ini. Pastikan minyak tersebut tidak terlalu hangat.

Setelah minyak siap, perlahan rendam kuku Anda ke dalam campuran minyak hangat ini dan diamkan sampai minyak benar-benar dingin. Jika selesai, hangatkan lagi selama 10 detik dan rendam kembali kuku Anda. Ambil sedikit minyak pada tangan dan pergeralangan tangan, selanjutnya pijat perlahan seluruh tangan. Setelah selesai, cuci tangan Anda dengan air. Keringkan dengan handuk yang bersih.

Lakukan rutinitas ini dua kali seminggu sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa juga untuk memijatkan lotion dengan pelembap pada tangan setelah prosedur ini selesai.

Perawatan ini akan membuat kuku tetap sehat dan terlihat cerah. Tangan hingga kuku akan terasa lembut setelah melakukan prosedur hot oil manicure. Bagaimana, mau mencobanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi