Terbit: 21 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal makanan super atau yang kerap dikenal dengan nama superfood, Anda tentu akan langsung memikirkaengenai diet sehat. Diet sehat sendiri identik dengan penggunaan biji-bijian yang mengandung beragam vitamin dan mineral di dalamnya. Tidak terkecuali dengan jenis Lentil satu ini. Lentil khas India ini dinamakan dengan Horse Gram. Selain dipercaya dapat memberikan asupan nutrisi selama menjalani diet, Horse Gram juga membantu Anda merawat kulit seperti berikut.

Mengenal Horse Gram dan Khasiatnya untuk Kulit

1. Menjaga Kelembapan

Dilansir dari laman Fashion Lady, Horse Gram merupakan salah satu bahan alami yang mengandung moisturizer cukup tinggi. Tidak heran jika minyak yang diekstraksi dari Horse Gram akan membantu menjaga serta mengembalikan kelembapan sel kulit. Minyak dari Horse Gram pun cocok digunakan untuk Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering.

2. Menangkal Radikal Bebas

Horse Gram atau yang juga dikenal dengan nama Kulthi oleh masyarakat India juga mengandung antioksidan. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, antioksidan merupakan salah satu bahan penting yang ampuh dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas. Tidak heran jika mengonsumsi Horse Gram akan menjadikan kulit tetap kencang dan terbebas dari penuaan. Tidak hanya itu, Horse Gram juga mencegah terjadinya hiperpigmentasi yang menyebabkan kulit menjadi gosong dan kusam.

3. Mengatasi Jerawat

Siapa yang akan menyangka jika Horse Gram ternyata juga dilengkapi dengan kandungan zat anti bakteri. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat atau pun sensitif. Kandungan zat anti bakteri pada Horse Gram akan mencegah terjadinya infeksi dan peradangan pada kulit. Hak tersebut juga membantu meredakan peradangan pada jerawat yang ada.

Siapa yang akan menyangka ternyata Lentil dari India ini memiliki khasiat yang cukup beragam untuk kulit. Tidak heran bila masyarakat India juga menggunakannya sebagai bahan baku masker kulit baik untuk wajah atau pun tubuh. Biasanya, masyarakat India juga mengombinasikan Horse Gram dengan bahan-bahan lain seperti kunyit atau pun madu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi