Mengenal Gejala Disleksia pada Anak Berdasarkan Usia

Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Membesarkan anak yang mengalami disleksia membutuhkan perhatian ekstra. Anak yang disleksia memiliki masalah dengan membaca. Kondisi ini dapat memengaruhi kemampuan belajar anak lainnya seperti halnya memahami matematika atau menulis.

Photo Credit: pexels.com

Apa itu disleksia?

Dilansir dari laman understood, disleksia adalah kondisi gangguan belajar. Anak-anak dengan disleksia memiliki masalah dalam mengolah indformasi yang didapat saat mereka membaca atau mendengar sesuatu.

Banyak yang beranggapan bahwa anak yang disleksia memiliki gangguan penglihatan karena kadang salah mengenali huruf seperti huruf b dan p. Namun menurut para ahli, disleksia sama sekali tidak ada hubungannya dengan gangguan penglihatan. Meskipun demikian, belum diketahui apa penyebab orang bisa mengalami disleksia.

Cara mengenali gejala disleksia pada anak

Disleksia adalah gangguan belajar yang membutuhkan banyak terapi untuk membantu anak dapat belajar dengan baik. Penting bagi orang tua untuk mengenali gejala disleksia pada anak sejak dini. Anak yang disleksia umumnya ditandai dengan:

Usia preschool (2-4 tahun):
1. Susah mengenali dua kata yang berirama sama
2. Susah mengucapkan kata-kata baru
3. Sulit berkonsentrasi karena suara bising
4. Senang dibacakan cerita namun anak tidak tertarik untuk membaca
5. Sering tertukar kanan dan kiri
6. Mengalami gangguan keseimbangan (sering terjatuh)
7. Sulit mengenali huruf dan bunyi huruf

Usia sekolah:
Pada anak usia sekolah, ciri-ciri disleksia masih berlanjut dan umumnya akan berkembang seperti:
1. Kesulitan belajar
2. Sulit mengeja kata-kata yang sulit, beberapa kata dibaca terbalik dan tidak dapat memerhatikan tanda baca
3. Kesulitan mengingat urutan seperti urutan hari dan bulan

Dengan mengenali gejala disleksia pada anak, diharapkan orang tua dapat melakukan penanganan segera untuk membantu proses belajar anak. Meskipun anak dengan disleksia cenderung mengalami kesulitan belajar, namun Anda tidak perlu khawatir tentang masa depan anak. Sejumlah nama seperti Richard Branson, Leonardo da Vinci, Thomas Alva Eddison. Muhammad Ali, Tom Cruise dikenal sebagai tokoh sukses dengan disleksia.