Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – PMS atau Pre Menstruation Syndrom ada sindrom yang kerap dialami wanita sebelum haid tiba. Pada masa ini, wanita kerap tidak stabil emosinya sehingga kerap berganti mood dengan mudah hingga mudah marah terhadap apa saja yang menurutnya tidak tepat. Selain itu, wanita juga kerap murung dan tidak bersemangat untuk menjalani harinya.

Gejala seperti PMS ini ternyata juga dialami oleh pria. Mereka juga bisa jadi mudah marah, tidak semangat hingga melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti bunuh diri. Berikut ulasan lengkap tentang PMS ala pria.

Mengenal irritabel male syndrom
Irritable male syndrome adalah sebuah sindrom yang membuat pria jadi mudah gugup terhadap keadaan. Mereka juga mudah gelisah dan tersinggung jika berhadapan dengan orang lain. Pria yang alami IMS juga mudah mengalami kelelahan dan depresi kalau sindromnya sudah semakin parah dan susah dikendalikan.

IMS yang terjadi karena kadar testosteron menurun ini terbagi menjadi dua. Pertama, pria menjadi semakin anti sosial, depresif, dan gejala lain yang mirip sekali dengan wanita yang alami PMS. Mereka jadi mudah marah meski tidak terlalu parah dan masih tergolong wajar.

Jenis IMS yang kedua membuat pria jadi lebih agresif. Mereka jadi pemarah tapi marahnya kerap melakukan kekerasan. Mereka bisa melukai orang lain atau dirinya sendiri.

Gejala dan cara mengatasi IMS
Pria yang mengalami gejala IMS biasanya kerap sakit kepala, nyeri punggung, dan kehilangan gairah seksual. IMS bisa dicegah atau diatasi dengan kerap berolahraga, menerapkan gaya hidup sehat hingga diet dengan baik.

Lebih lanjut, kalau IMS sudah sampai disertai tindakan menjurus pada melukai diri  sendiri atau orang lain, pria harus segera ditolong. Mereka bisa dibawa dokter, psikiater, atau lembaga yang menangani masalah depresi dan bunuh diri.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi