Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Fibroid adalah jaringan tumor tipis yang muncul di area uterus. Kondisi ini cukup umum terjadi pada wanita. Bahkan sekitar 75% wanita memiliki fibroid di dalam tubuhnya. Meski dianggap umum, hanya 20% wanita yang mendapatkan gejala dan dampak cukup berat sehingga perlu segera diberi penanganan.

Mengenal Fibroid pada Wanita dan Cara Mengatasi

Secara umum fibroid menyebabkan gejala berupa perdarahan hebat saat menstruasi, rasa nyeri yang hebat saat PMS, tekanan kuat di area pelvis, sembelit, dan anyang-anyangan. Kondisi ini akan terus dialami oleh wanita sehingga aktivitas hariannya akan terganggu.

Penanganan Fibroid pada Wanita

Ada sekitar lima cara untuk menangani fibroid dilihat dari derajat keparahan dan juga faktor medis lainnya.

  • Penanganan medis. Penanganan ini dilakukan dengan mengombinasi beberapa kontrasepsi oral yang mengandung estrogen dan progestin.
  • Uterine artery embolization. Radiologis akan melakukan prosedur kecil dengan menempakan partikel kecil di uterine artery. Blokade ini akan menghambat suplai darah ke fibroid sehingga ukurannya mengecil.
  • Endometrial ablation. Prosedur ini dilakukan untuk menghancurkan saluran ke uterus dan mengurangi perdarahan yang terjadi akibat fibroid.
  • Myomectomy. Prosedur pembedahan ini dilakukan dengan mengangkat fibroid langsung dari area uterus. Prosedur ini cukup banyak dipilih wanita karena risikonya cukup kecil.
  • Hysterectomy. Pengangkatan fibroid secara langsung dengan mengangkat uterus yang ditempelinya.

Cara Memilih Penanganan Fibroid yang Tepat

Penanganan untuk fibroid tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum melakukannya.

  • Kalau masih ingin memiliki anak, myomectomy sangat dianjurkan. Dengan operasi ini wanita masih bisa mengandung dan mendapatkan keturunan.
  • Kalau sudah merasa cukup memiliki anak bisa mencoba berbagai cara yang telah dilakukan sebelumnya. Cara paling ekstrem yang bisa dilakukan adalah hysterectomy.

Nah, sudah paham kan seperti apa fibroid dan bagaimana penanganannya agar fungsi reproduksi wanita kembali berjalan dengan baik?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi