Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seiring dengan berkembangnya zaman, produk kecantikan pun ikut mengalami perubahan. Semakin banyak produk kosmetik yang muncul dan mengandung berbagai kandungan yang disebut-sebut baik untuk kulit. Salah satu yang belakangan tengah digandrungi adalah essence.

Mengenal Essence, Produk Perawatan Kulit yang Tengah Digandrungi

Photo Credit: pexels.com

Dilansir dari Elle, essence bekerja layaknya ramuan ajaib. Cairan dengan tekstur ringan namun menghidrasi ini dipergunakan untuk menyiapkan kulit sebelum diolesi moisturizer. Biasanya, cairan ini digunakan setelah wajah dibersihkan baik dengan facial wash maupun dengan cleanser. Lalu kenapa essence dianggap penting dalam step perawatan kulit?

Kulit manusia ibarat spons. Saat dibersihkan dan dikeringkan, spons tidak dapat menyerap pelembab dengan cepat. Karenanya, dibutuhkan essence untuk menghindrasi kulit agar dapat menarik nutrisi secara maksimal dari moisturizer maupun serum yang Anda gunakan.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, apa perbedaan essence dengan toner. Keduanya jelas sangat berbeda, walaupun secara fisik tampaknya mirip. Pastinya kedua kosmetik ini dibuat dengan tujuan berbeda dan mengandung bahan yang berbeda pula.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Toner digunakan untuk membersihkan sisa-sisa cleanser. Kandungannya terdiri dari air yang dicampur dengan minyak esensial, dan sesekali dicampur dengan alkohol agar cepat mengering. Sedangkan essence akan terasa lebih creamy karena mengandung bahan aktif yang lebih tinggi levelnya ketimbang toner. Essence sendiri dibuat untuk dapat merasuk lebih dalam ke kulit.

Bedanya lagi, jika toner digunakan dengan kapas, maka essence cukup menggunakan tangan. Teteskan beberapa tetes ke telapan tangan dan tempelkan ke wajah hingga meresap. Cara ini dianggap lebih efektifg karena suhu hangat dari tangan bisa meningkatkan sirkulasi.

Penggunaan essence pun dibedakan menjadi dua. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, gunakan yang mengandung moisturizer, sedangkan untuk berkulit kusam coba pilih essence yang mengandung pigmen brightening pearl dan zingy botanical.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi