Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Gangguan pola makan bisa dialami oleh siapa saja, baik tua maupun muda. Jenis gengguan pola makan yang biasa dialami oleh kalangan anak muda seperti anoreksia dan bulimia. Gangguan pola makan tersebut terjadi akibat ketakutan menjadi gemuk yang berlebih. Sehingga mereka akan menahan lapar bahkan memuntahkan kembali makanan sudah masuk ke dalam tubuh mereka secara paksa.

Mengenal Emotional Eating, Gangguan Pola Makan yang Berdampak pada Mental

Photo Credit : pexels.com

Selain anoreksia dan bulimia, ternyata ada gangguan pola makan lain yang juga dialami oleh banyak orang. Gangguan pola makan tersebut disebut dengan emotional eating. Berbeda dengan anoreksia dan bulimia yang cenderung tidak memiliki nafsu untuk makan, penderita emotional eating justru makan lebih banyak dan lebih sering namun tujuannya bukan untuk membuat perut menjadi kenyang, melainkan hanya mencari kegembiraan dan kenyamanan sebagai respon atas stres dan tekanan yang terjadi.

Jika gangguan pola makan ini tidak segera ditangani, maka dampak buruk yang terjadi adalah penderita akan menjadi kecanduan makanan sehigga berisiko terkena penyakit obesitas dan penyakit lainnya. Jika Anda mengalami gangguan pola makan emotional eating, Anda bisa mengobatinya dengan berbagai cara, seperti berikut ini.

  • Bersyukur

Obat yang paling ampuh untuk masalah gangguan pola makan emotional eating ini adalah dengan cara bersyukur. Anda harus selalu bersyukur dengan apa yang Anda miliki dan yang Anda rasakan. Rasa syukur juga akan membuat Anda merasa lebih positif dalam menjalani hidup.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  • Dengarkan Emosi Diri dan Tenangkan Diri

Jika Anda merasa tidak tenang, mungkin Anda akan mencari cara untuk menenangkan pikiran Anda. Ketika Anda sedang menderita emotional eating, maka Anda akan melampiaskannya kepada makanan yang Anda makan. Jika setiap Anda merasa kacau dan melampiaskannya kepada makanan, bisa jadi tubuh Anda akan semakin gemuk. Untuk itu, tenangkanlah diri Anda dan yakinkan diri bahwa semuanya akan baik-baik saja.

  • Beraktivitas

Cobalah untuk melakukan banyak aktivitas, sehingga ketika Anda merasa sedang kacau dan pikiran tidak tenang, Anda tidak melampiaskannya kepada makanan. Anda bisa menyibukkan diri dengan melakukan berbagai macam latihan kebugarn. Di samping Anda akan terhindar dari gangguan pola makan emotional eating, Anda juga akan menjadi sehat dan bugar karena rajin berolahraga.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi