Mengenal Damiana, Rokok Herbal yang Katanya Aman Bagi Kesehatan, Benarkah Demikian?

damiana-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Mungkin Anda cukup asing saat mendengar damiana, sebab damiana merupakan jenis tumbuhan asli Amerika. Maka wajar saja jika penduduk ASIA, khususnya Indonesia masih cukup asing dengan tumbuhan herbal yang satu ini. Perlu diketahui sebelumnya, damiana merupakan salah satu tanamanan herbal yang diyakini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Photo Credit : pexels.com

Adapun beberapa khasiatnya mulai dari mengobati sakit kepala, memperlancar pencernaan, meningkatkan stamina, hingga mampu mengatasi depresi, dan masih banyak lagi. Nah, karena dipercaya begitu banyak memberi manfaat bagi tubuh, akhirnya damiana pun diolah menjadi sebuah produk rokok. Lantas, setelah beredarnya rokok tersebut, justru menuai kontroversi dari berbagai pihak. Pasalnya, tumbuhan yang memiliki nama latin Turnera Diffusa ini kehilangan manfaatnya saat dijadikan rokok. Dan, parahnya lagi justru memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Apa saja efek buruknya?

Dilansir dari laman Livestrong, damiana adalah tanaman herbal yang baik jika digunakan secara tepat. Dan akan hilang manfaatnya jika diubah menjadi rokok. Sebab, damiana sendiri kaya akan senyawa kimia yang bernama glikosida sianogenetika. Senyawa kimia tersebut bisa melepaskan hydrogen sianida, yakni zat beracun yang berpotensi merusak tubuh secara keseluruhan. Dikatakan pula, jika digunakan dalam waktu lama, maka zat ini akan memengarhui kinerja otak seseorang sehingga saraf yang terhubung dengan otak menjadi terganggu.

Selain itu, risiko kanker paru-paru juga tidak bisa dihindarkan, walau damiana adalah obat herbal. Layaknya tembakau seperti umumnya, damiana juga berpotensi mendatangkan penyakit mematikan bagi seseorang, misalnya kanker, stroke, paru-paru, hingga impotensi. Parahnya lagi, perokok damiana memiliki risiko lebih tinggi terkena pikun daripada perokok lainnya.

Tidak sampai di situ, perokok damiana pun akan terkena alergi yang berkepanjangan. Alergi tersebut mulai dari sulit bernapas, gatal, serta pembengkakan pada area mulut. Jika dibiarkan, maka perokok damiana bisa mendapatkan perawatan medis darurat yang mengancam nyawa.

Nah, itulah rokok damiana, jenis tumbuhan herbal yang disalah gunakan dan diolah menjadi tembakau rokok.