Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComSunscreen merupakan salah satu skincare wajib yang harus dipakai untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, sinar radiasi sinar UV dan bahan-bahan asing dapat menjadikan kulit mengalami sejumlah masalah. Mulai dari terbakar matahari hingga kanker kulit yang cukup serius. Namun, penggunaan sunscreen ternyata tidak boleh sembarangan. Anda juga harus memperhatikan kandungan bahannya yang efektif seperti berikut.

Mengenal Bahan-Bahan Dasar Sunscreen

Photo Credit: Flickr.com/ Skeyndor

1. Benzophenones

Dilansir dari laman The Indian Spot, benzophenones merupakan bahan aktif yang ampuh mencegah sinar UV merusak kulit. Tidak hanya itu saja, benxophenons yang berfungsi sebagai UV blocker ini tidak hanya digunakan pada skincare atau kosmetik. Namun, juga pada beberapa produk anti UV seperti tinta.

2. Cinnamates

Bahan lain yang biasa digunakan pada sunscreen adalah cinnamates. Cinnatemes kerap dikombinasikan dengan bahan lain untuk mencegah dampak buruk dari UVB. Sebagai tambahan informasi, cinnamates juga memiliki ketahanan terhadap air sehingga lebih awet saat diaplikasikan pada kulit.

3. Salicylates

Bahan satu ini rupanya sudah sejak lama digunakan sebagai bahan pelengka sunscreen. Bahan yang memiliki nama lengkap Trolamine salicylates ini banyak digunakan pada produk-produk perawatan rambut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

4. Titanium Dioxide/ Zinc Oxide

Kedua bahan ini merupakan bahan yang paling sering digunakan sebagai sunscreen pada berbagai jenis produk. Dilansir dari laman The Indian Spot, titanium dioxide dan zinc oxide merupakan ahan yang melindungi kulit dari paparan sinar UVA. Kendati demikian, kedua bahan ini kerap meninggalkan noda berwarna putih saat diaplikasikan pada kulit.

Siapa yang akan menyangka ternyata sunscreen memiliki beberapa bahan yang berbeda. Setelah mengetahui jenis-jenis bahan pembuat sunscreen, kini Anda bisa lebih mudah memilih produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi