Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya mengenal payudara sebagai salah satu organ penting dari wanita. Payudara bisa digunakan untuk membantu aktivitas seks karena organ ini memberikan rangsangan yang kuat pada wanita. Selanjutnya, payudara juga digunakan untuk menunjang penampilan dan juga menyusui bayi yang baru lahir.

Mengenal Anatomi Payudara dan Juga Fungsinya

Nah, selain hal-hal di atas ada lagi yang Anda ketahui tentang payudara? Well, untuk menambah pengetahuan kita semua terkait dengan payudara, coba simak anatomi luar dan dalamnya di bawah ini.

Anatomi luar payudara

Payudara bagian luar dari wanita terdiri dari tiga bagian, berikut beberapa bagian berserta fungsinya.

  • Badan payudara atau korpus. Badan payudara mencakup semua gumpalan yang membesar. Sebagian besar dari payudara ini berisi gumpalan lemak yang tebal. Semakin besar lemak terbentuk, semakin besar pula ukurannya.
  • Bagian hitam yang melingkar di sekitar puting dinamakan areola. Bagian ini digunakan untuk menyimpan ASI saat ibu sedang menyusui
  • Puting susu atau papilla. Puting susu digunakan untuk menyalurkan ASI dan juga organ untuk merangsang wanita secara seksual.

Anatomi dalam payudara

Jaringan dalam dari payudara terdiri dari beberapa bagian di bawah ini.

  • Jaringan lemak atau adiposa. Jaringan lemak ini yang akan berkembang dan menentukan ukuran dari payudara apakah besar atau kecil.
  • Saluran susu dan kelenjar. Bagian dalam dari payudara terdapat beberapa kelenjar susu dan salurannya. Seorang wanita biasanya memiliki 12-20 lobus yang digunakan untuk menyalurkan ASI ke bayi.
  • Pembuluh darah dan kelenjar gerah bening. Pembuluh darah membawa aliran darah dan juga menyebarkan sari makanan ke area ini. Saat wanita terangsang, aliran darah di area payudara akan mengalir dengan deras sehingga lebih padat dan besar.

Nah, sudah tahu kan apa saja yang ada pada payudara wanita?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi