Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Alam ternyata menyediakan banyak bahan alami yang dapat membantu merawat kesehatan dan kult Anda. Tidak hanya dari tanaman yang ada di daratan, bahan-bahan alami tersebut juga dapat ditemukan di dalam lautan. Salah satunya adalah alga yang dipercaya sebagai sumber dari protein dan mineral yang cukup beragam. Di antara jenis alga yang ada, alga biru-hijau menjadi salah satu alga yang paling sering digunakan untuk merawat kulit.

Mengenal Algae Biru-Hijau yang Menjadi Produk Unggulan Merawat Kulit

Photo Credit: Flickr.com/Bob Peterson

1. Mengandung Bahan Antimikroba

Dilansir dari laman Era Organics, alga biru-hijau merupakan bahan alami yang mengandung bahan antimikroba di dalamnya. Tidak heran jika laga biru-hijau menjadi salah satu produk andalan yang dapat merawat kulit acne-prone. Bahan antimikroba di dalamnya tentu saja dapat membasmi dan menekan perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat pada kulit.

2. Sumber Antioksidan

Kendati termasuk ke dalam tanaman yang hidup di air laut, alga biru-hijau rupanya juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan bahan aktif yang dipercaya sejak lama dapat melindungi kulit dari risiko radikal bebas. Bicara soal radikal bebas, dampak dari paparan tersebut dapat menjadikan kulit kusam hingga membuat kulit berkerput. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih tua dari umur asli. Namun, antioksidan mampu mencegah kondisi tersebut dan menstimulasi agar sel kulit tetap lembap dan kenyal.

3. Mencegah Kanker Kulit

Kandungan bahan di dalam alga biru-hijau juga dipercaya dapat mencegah munculnya sel-sel kanker. Terutama kanker kulit yang perkembangannya dapat dipicu oleh paparan sinar UV dan pemkaian bahan-bahan kimia terlalu sering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Manfaat yang beragam dari alga biru-hijau ini membuat tanaman tersebut banyak dikembangkan dan diolah menjadi beragam produk. Bahkan saat ini sudah banyak suplemen kesehatan untuk tubuh dan kulit yang terbuat dari alga biru-hijau. Bagi Anda yang ingin lebih praktis, dapat menggunakan skincare dengan tambahan ekstrak alga biru-hijau di dalamnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi