Terbit: 1 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Penis bisa mengalami cukup banyak gangguan yang menyebabkan pria alami sakit. Pertama, penis bisa merasakan sakit saat mendapatkan penetrasi. Umumnya, gangguan ini disebabkan oleh sindrom Peyronie yang menyebabkan alat vital jadi bengkok.

Mengenal 5 Jenis Gangguan yang Sebabkan Penis Merah dan Membengkak

Selain karena Peyronie, penis juga bisa mengalami sakit berupa bengkak atau muncul rumah merah. Kondisi penis yang seperti ini biasanya disebabkan oleh gangguan di bawah ini.

1. Penis terkena air panas

Penis bisa alami gangguan berupa ruam merah dan sedikit membengkak karena terkena air panas. Pria yang suka mandi dengan shower air hangat disarankan untuk menyetel suhunya dengan benar. Kalau suhu terlalu tinggi penis tidak bisa beradaptasi.

Rasa sakit karena air panas ini biasanya tidak bertahan lama. Dalam hitungan hari atau jam, penis bisa sembuh seperti sedia kala.

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur tidak hanya menyerang penis dari luar saja. Infeksi ini juga menyebabkan gangguan pada saluran berkemih. Pria akan mengalami rasa sakit pada ujung penis disertai rasa sakit lain saat buang air kecil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Gesekan celana dalam

Saat berolahraga dan berkeringat, celana dalam jadi agak lembap. Kalau sering digunakan untuk bergerak, area penis akan bergesekan dan menyebabkan munculnya rasa gatal dan kadang diikuti dengan infeksi.

4. Iritasi karena produk tertentu

Penis bisa mengalami gangguan kalau pria menggunakan produk tertentu saat mandi. Beberapa sabun atau sampo mengandung bahan tertentu yang menyebabkan rasa panas dan memicu iritasi pada penis.

5. Tidak menjaga kebersihan penis

Penis sering mengalami gatal, perih, hingga iritasi kalau pria jarang mencuci alat vital setelah kencing., Selain itu, pria juga bisa alami gangguan ini kalau usai olahraga atau bercinta tidak segera mandi.

Inilah 5 jenis gangguan yang menyebabkan penis jadi membengkak dan memunculkan rasa sakit. Semoga kita semua tidak mengalaminya ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi