DokterSehat.Com– Mata yang mengalami iritasi, berwarna merah, selain menggnggu kenyamanan, juga dapat mengganggu penampilan. Jangan khawatir, sebab kami punya solusi. Dilansir dari Reader’s Digest, berikut upaya-upaya sederhana yang bisa membantu mengatasi mata iritasi.

mengembalikan-mata-sehat-doktersehat-1

1. Kompres dengan Air Dingin

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meredakan mata merah iritasi adalah mengompres mata dengan air dingin. Anda bisa merendam handuk kecil ke dalam air es, lalu letakkan di atas mata. Atau, Anda juga bisa menggunakan sendok yang lebih dulu sudah disimpan di dalam lemari es, lalu menempelkannya ke mata. Diamkan beberapa saat sampai tidak lagi terasa dingin, lalu ulangi.

2. Minyak Jarak

Minyak jarak bisa digunakan sebagai tetes mata, terutama jika mata Anda kering. Gunakan minyak jarak seperti Anda menggunakan obat tetes mata biasa, cukup gunakan satu tetes saja pada masing-masing mata. Diamkan dan ulangi apabila mata terasa kering. Minyak jarak dapat membuat mata menjadi lembap.

3. Semprotkan Campuran Air dan Garam

Garam yang dicampur dengan air, dapat bantu mengatasi mata kering serta teriritasi. Garam dapat membantu membersihkan kotoran-kotoran pada mata, sekaligus dapat membunuh bakteri. Untuk dapat merasakan manfaatnya, gunakan air garam ini untuk mencuci mata. Seperti menggunakan cairan pencuci mata lainnya.

4. Gunakan Kentang

Kentang, memiliki kandungan yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi di bagian mata. Cara untuk mendapatkan manfaatnya juga cukup sederhana. Anda hanya perlu memotong kentang menjadi irisan tipis. Setelahnya, simpan potongan kentang di lemari es sampai dingin.

Setelah dingin, Anda bisa mulai menggunakan irisan kentang sebagai masker mata. Tempelkan ke bagian atas mata dan diamkan antara 15 sampai 20 detik. Ulangi pemakaian kentang ini serutin mungkin sampai iritasi pada mata berkurang.

5. Gunakan Mentimun

Cara sederhana selanjutnya yang dapat menuntaskan peradangan pada mata, mata kering adalah mentimun, timun, atau ketimun. Mentimun yang kaya akan kandungan air, berfungsi melembapkan kembali mata yang kering. Selain itu, timun juga dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, serta iritasi.

Cara memanfaatkan timun untuk mengatasi iritasi pada mata adalah dengan mengiria tipis lalu langsung simpan di atas mata, diamkan selama 10 menit. Ulangi hal ini, 4-5 kali dalam sehari.

Dengan melakukan perawatan sederhana tersebut, Anda bisa sedikit mengatasi masalah iritasi pada mata. Selamat mencoba!