Terbit: 30 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua orang tahu bahwa tubuh membutuhkan waktu istirahat setidaknya 8 jam dalam sehari untuk bisa memulihkan energi yang terkuras saat melakukan berbagai macam aktivitas. Jika tubuh kurang istirahat, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya dapat memicu datangnya tekanan darah rendah atau gangguan kesehatan lainnya.

doktersehat-gangguan-tidur-insomnia

Di bulan Ramadan ini, tentu tubuh akan kurang istirahat sebab Anda harus bangun untuk makan sahur. Namun, bukan berarti Anda harus meninggalkan sahur karena sahur juga sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara mudah yang mungkin bisa Anda lakukan agar kebutuhan tidur tercukupi selama berpuasa.

1. Makanlah Secukupnya dan Sepelan Mungkin

Ketika datang waktu untuk berbuka, keinginan untuk makan segala macam makanan akan timbul sehingga Anda akan merasa kalap dan melahap semua makanan yang ada di atas meja makan. Makan terlalu berlebihan juga bisa dipicu dengan kebiasaan makan Anda yang mengunyah makanan dengan cepat Padahal, makan secara berlebihan pada saat berbuka puasa tidaklah baik untuk kesehatan. Selain dapat menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh, makan terlalu banyak juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Sebab, perut begah karena berisi makanan terlalu banyak membuat tidur Anda terasa tidak nyaman

2. Sahur Lebih Awal

Banyak yang mengatakan bahwa sahur lebih awal bisa membuat perut terasa lapar lebih cepat. Namun, ternyata anggapan tersebut salah. Sebab, sahur lebih awal justru memberi kesempatan Anda untuk bersantai setelah makan sahur, sebelum melakukan salat subuh dan bersiap-siap berangkat ke kantor ataupun sebelum melakukan aktivitas lainnya.

3. Jangan Tidur Setelah Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa, apalagi jika berbuka puasa dengan meghabiskan banyak makanan, maka tubuh akan terasa ngantuk. Sehingga, membuat Anda memiliki keinginan untuk tidur. Mulai sekarang, Anda harus bisa menahan rasa kantk tersebut dan jangan mencoba untuk tidur, sebab tidur setelah berbuka puasa akan membuat kualitas tidur malam Anda akan terganggu. Hal ini dikarenakan, jika Anda terlalu banyak tidur di siang ataupun sore hari, maka Anda tidak akan bisa tidur dengan cepat di malam hari.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi