Terbit: 12 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Seperti halnya dengan penis, wanita juga memiliki ukuran vagina yang dianggap sesuai atau standar. Ukuran vagina yang diidamkan oleh wanita ini biasanya yang tidak terlalu besar di bagian atas dan area labia yang tidak melebar. Kalau sampai bagian dari vagina membesar, wanita sering menyebutnya fat vagina.

Cara Mengatasi Vagina yang Terlihat Lebih ‘Gemuk’

Nah, apakah fat vagina cukup merugikan wanita sehingga banyak dari mereka menghindarinya? Jawabannya adalah tidak, vagina tetap bisa berfungsi dengan baik. Namun, secara estetik memang masih sangat kurang. Bahkan kondisi ini menyebabkan wanita jadi tidak percaya diri.

Yang menjadi pertanyaan kita saat ini adalah, apakah vagina yang gemuk bisa dikecilkan?

Penyebab vagina menjadi gemuk

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang vagina yang gemuk, ada baiknya kita membahas dulu tentang lokasi rambut kemaluan tumbuh. Area di atas vagina ini memang pada dasarnya sudah berlemak. Kalau Anda mencukur rambut kemaluan, area ini akan terlihat lebih menonjol.

Jadi, sebelum memberikan vonis gemuk pada vagina, ada baiknya untuk mengetahui fakta ini dulu. Pada dasarnya area itu memang berlemak. Namun, pada kondisi tertentu, lemaknya akan bertambah banyak dan menurunkan estetika dari vagina itu sendiri.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Secara umum ada beberapa hal yang menyebabkan vagina menjadi lebih gemuk dan berlemak:

  • Pubertas yang terjadi sejak wanita berusia 11 tahun. Saat mengalami pubertas, tanda kelamin sekunder pada wanita akan muncul. Salah satunya penebalan lemak di area atas vagina.
  • Menstruasi pertama dan seterusnya.
  • Kehamilan pada wanita menyebabkan hampir semua bagian tubuh wanita mengalami penambahan lemak. Hal ini cukup normal dan biasanya akan menghilang sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.
  • Menopause dan perimenopause. Kondisi ini menyebabkan kegemukan di semua tubuh wanita termasuk di area vagina.

Cara mengecilkan vagina yang gemuk

Meski secara fungsi tidak begitu memengaruhi, beberapa wanita sering tidak nyaman sehingga ingin menurunkan ukurannya. Kalau Anda termasuk wanita yang memiliki vagina tipe gemuk, berikut beberapa cara untuk mengecilkannya.

  1. Olahraga secara rutin

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menurunkan ukuran dari vagina yang gemuk adalah dengan melakukan olahraga. Hampir semua olahraga bisa dilakukan untuk membantu penurunan kadar lemak di area vagina. Meski efeknya berbeda-beda, Anda disarankan untuk melakukan aneka olahraga dengan intens.

Salah satu olahraga yang memberikan cukup banyak efek untuk mengecilkan area vagina yang berlemak adalah plank atau olahraga dengan pusat di latihan perut atau tubuh bagian bawah. Efek yang ditimbulkan mungkin berbeda dan kecepatannya bergantung pada intensitas olahraga dan juga anatomi dari vagina itu sendiri.

Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi obat diet untuk menurunkan lemak di area vagina. Lakukan saja olahraga perlahan-lahan untuk mendapatkan hasil yang permanen.

  1. Menjaga pola makan

Percuma berusaha melakukan olahraga dengan intens kalau pada akhirnya makan tidak bisa dijaga dengan baik. Sembari melakukan olahraga yang intens, Anda disarankan untuk mengatur diet dengan baik agar tidak ada lagi lemak yang muncul.

  1. Operasi

Kalau ukuran dari vagina sudah dirasa cukup mengganggu kehidupan seksual dan reproduksi, wanita diperbolehkan untuk melakukan operasi. Operasi ini dilakukan untuk menyedot lemak yang berlebihan di area vagina. Cara ini tidak direkomendasikan dan hanya boleh dilakukan pada kondisi darurat saja.

Semoga ulasan di atas memberikan tambahan informasi untuk kita semua. Kondisi gemuk pada vagina sebenarnya wajar saja karena area itu memang berlemak. Namun, kalau lemak yang ada di sana dirasa berlebihan, lakukan tindakan dengan benar, dan tidak sembrono.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi